Analisis Dan Evaluasi Pemodelan Proses Bisnis Pada Proses Bisnis Pemesanan Menggunakan Metode Business Process Improvement Framework (Studi Kasus : PT XYZ)

Mumtaz, Muhammad Rafly and Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom.,M.AB. and Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D. (2024) Analisis Dan Evaluasi Pemodelan Proses Bisnis Pada Proses Bisnis Pemesanan Menggunakan Metode Business Process Improvement Framework (Studi Kasus : PT XYZ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT.XYZ adalah perusahaan yang bergerak di sektor logistik komoditas ekspor impor. Pelanggan yang ingin mengirimkan barangnya melalui PT.XYZ sering menghubungi perusahaan dengan menggunakan Whatsapp. Pada prosesnya, kesalahan informasi sering terjadi yang diakibatkan oleh pelanggan dan karyawan PT. XYZ, seperti dimensi barang yang dicatat pada spreadsheet pemesanan barang berbeda saat awal pelanggan menghubungi perusahaan dengan saat pengiriman barang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena informasi yang tidak akurat, keterlambatan dalam komunikasi, dan praktik perilaku bisnis yang tidak efisien antara berbagai entitas dalam rantai pasokan. Untuk itu, analisis dan perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) Framework dibutuhkan dalam meningkatkan efisiensi waktu dan mengurangi tingkat kesalahan informasi. Selain itu, penelitian ini mengembangkan sebuah sistem automatisasi agar pesan customer dari Whatsapp langsung masuk ke spreadsheet pemesanan barang. Proses bisnis usulan menghasilkan peningkatan waktu pada proses bisnis pemesanan pengiriman barang sebesar 53,65% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis pricing sebesar 62,23% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis perencanaan pengiriman barang sebesar 70,44%, dan proses input data sebesar 52%.

English Abstract

PT.XYZ is a company operating in the export-import commodity logistics sector. Customers who want to send their goods via PT.XYZ often contact the company using Whatsapp. In the process, misinformation often occurs caused by customers and employees of PT.XYZ, such as the dimensions of the goods recorded on the goods ordering spreadsheet are different when the customer first contacts the company compared to when the goods are delivered. This is caused by several things, such as inaccurate information, delays in communication, and inefficient business behavior practices between various entities in the supply chain. For this reason, analysis and improvement of business processes using the Business Process Improvement (BPI) Framework is needed to increase time efficiency and reduce the level of information errors. In addition, this research develops an automation system so that customer messages from Whatsapp go directly into the goods ordering spreadsheet. The proposed business process results in an increase in time for the goods delivery ordering business process by 53.65% from the initial 930 minutes to 431.36 minutes, the pricing business process by 62.23%, the goods delivery planning business process by 70.44%, and the input process data of 52%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150185
Uncontrolled Keywords: Business Model Improvement, Business Process Model and Notation, Criteria Success Factor, Automation, Process Validation, Time Validation.Business Model Improvement, Business Process Model and Notation, Criteria Success Factor, Automation, Process Validation, Time Validation.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:25
Last Modified: 25 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216116
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Rafly Mumtaz.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item