Perancangan User Experience Pada Aplikasi Jual Beli Komoditas Hasil Hutan Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: KUPS Kalimantan Utara)

Syafiqurrozan, Muhammad Magistra and Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. (2023) Perancangan User Experience Pada Aplikasi Jual Beli Komoditas Hasil Hutan Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: KUPS Kalimantan Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan UI/UX sebuah aplikasi dengan beberapa metode pengujian. Design thinking merupakan metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini karena tahapannya yang terstruktur dimulai dari tahap penggalian permasalahan (empathize) hingga tahap pengujian (test) serta kesesuaian fokus pengembangan solusi, dengan menempatkan persepektif pengguna ke dalam semua bagian dari setiap tahapannya. Studi kasus penelitian ini membahas tentang kelompok usaha perhutanan sosial atau KUPS Kalimantan Utara yang memiliki kendala dalam sisi penyebaran informasi produk hasil hutan, dikarenakan proses jual beli yang dilakukan masih manual. Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian terkait digitalisasi serta rancangan prototype aplikasi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan promosi usaha hasil hutan masyarakat Kalimantan Utara. Dengan menggunakan metode design thinking, penelitian ini menghasilkan tiga jenis prototype aplikasi berdasarkan platform dan kelompok pengguna. Tiga jenis prototype tersebut diujikan kepada calon pengguna dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale (SUS), kemudian hasil pengujian ini akan dianalisa dalam beberapa aspek penilaian, diantaranya adalah aspek efektivitas, aspek efisiensi dan aspek kepuasan pengguna. Dalam aspek efektivitas, seluruh kelompok pengguna mendapatkan rata-rata sebesar 100%. Dalam aspek efisiensi, setiap kelompok pengguna memiliki rata-rata durasi waktu kurang dari satu menit, hal ini membuat setiap kelompok pengguna masuk dalam kategori indikator time behavior yang sama yaitu “sangat cepat”. Sedangkan dalam aspek kepuasan pengguna, setiap kelompok pengguna memiliki perbedaan pada hasil rata-rata namun memiliki kategori acceptability ranges yang sama yaitu “acceptable”. Adapun beberapa evaluasi dari pengguna terhadap prototype aplikasi, evaluasi tersebut kemudian dibuat sebuah rekomendasi rancangan perbaikan desain oleh peneliti.

English Abstract

This research focuses on designing the UI/UX of an application with several testing methods. Design thinking is the methodology that will be used in this research because the stages are structured starting from the problem exploration stage (empathy) to the testing stage and the suitability of the solution development focus, by placing a human perspective into all parts of each stage. This research case study discusses the North Kalimantan social forestry business group or KUPS which has problems in disseminating information on forest product products, because the buying and selling process is still manual. Therefore, research is needed regarding digitalization and the design of an application prototype which is expected to help increase the promotion of forest product businesses in the North Kalimantan community. Using the design thinking method, this research produces three types of application prototypes based on platform and user group. The three types of prototypes were tested on potential users using the usability testing method and system usability scale (SUS), then the results of this test will be analyzed in several assessment aspects, including the effectiveness aspect, efficiency aspect and user satisfaction aspect. In terms of effectiveness, all user groups get an average of 100%. In terms of efficiency, each user group has an average time duration of less than one minute, this makes each user group fall into the same time behavior indicator category, namely "very fast". Meanwhile, in the aspect of user satisfaction, each user group has differences in average results but has the same acceptability range category, namely "acceptable". As for several user evaluations of the application prototype, these evaluations then made recommendations for design improvements by the researchers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052315
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, User Experience, Usability Testing, System Usability Testing (SUS)-Design Thinking, User Experience, Usability Testing, System Usability Testing (SUS)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:32
Last Modified: 16 Feb 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216115
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Magistra Syafiqurrozan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item