Analisis Kualitas Aplikasi Berdasarkan Ulasan Pengguna Menggunakan Quality in Use Pada Karakteristik Satisfaction dan Freedom from Risk (Studi kasus: Aplikasi Pembelajaran Sololearn)

Amal, Muhammad Ikhlasul and Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., M.T., Ph.D and Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom. (2024) Analisis Kualitas Aplikasi Berdasarkan Ulasan Pengguna Menggunakan Quality in Use Pada Karakteristik Satisfaction dan Freedom from Risk (Studi kasus: Aplikasi Pembelajaran Sololearn). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelajaran online merupakan sebuah alternatif tempat belajar yang sangat praktis digunakan karena hanya memerlukan perangkat mobile dan koneksi internet. Saat pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah pendaftar media pembelajaran online meningkat cukup pesat, mengingat fasilitas belajar konvensional mengalami pembatasan sosial, sehingga dengan adanya peningkatan jumlah pengguna tersebut dapat menjadi momentum bagi pemilik media pembelajaran online untuk meningkatkan kualitas aplikasi. Proses evaluasi kualitas aplikasi menjadi tahapan yang perlu dilakukan sebelumnya untuk mengukur sejauh mana kualitas dari aplikasi saat ini. Sololearn sebagai salah satu aplikasi mobile pembelajaran yang tersedia dalam Google Playstore tentunya memiliki ulasan pengguna yang berisi opini mengenai hasil dari penggunaan sebuah aplikasi. Dimana tiap opini memiliki perbedaan sentimen antara positif atau negatif sehingga sebuah komentar ulasan dinilai mengandung informasi yang berguna dalam mengevaluasi kualitas aplikasi. Maka dari itu, dilakukan penggalian informasi dalam teks komentar ulasan berdasarkan model ISO/IEC 25010 pada domain kualitas penggunaan (Quality in Use) yang berfungsi dalam evaluasi untuk mengukur kualitas perangkat lunak dari sisi umpan balik pengguna, dengan karakteristik Quality in Use yang digunakan pada penelitian ini yaitu satisfaction dan freedom from risk. Pendekatan metode klasifikasi string matching dan basis aturan digunakan untuk mengklasifikasikan dokumen ulasan kedalam karakteristik Quality in Use menghasilkan nilai akurasi 72%, sedangkan pengklasifikasian sentimen menggunakan metode lexicon-based SentiWordNet menghasilkan nilai akurasi sebesar 77%. Dari total data ulasan Sololearn pada tahun 2022, setelah melewati proses pengolahan data, karakteristik satisfaction memiliki rasio sentimen positif dan negatif sebesar 91,7% dan 8,3%, sedangkan karakteristik freedom from risk memiliki rasio sentimen positif 70% dan negatif 30%. Analisis SWOT digunakan sebagai metode untuk memberikan rekomendasi strategi perusahaan dari hasil analisis sentimen yang dilakukan. Hasil penelitian ini menghasilkan sebanyak sepuluh rekomendasi strategi untuk diterapkan pada perusahaan.

English Abstract

Online learning is a very practical alternative place to learn because it only requires a mobile device and an internet connection. During the COVID-19 pandemic, the number of registered users in online learning increased quite rapidly, considering that conventional learning facilities were affected by social restrictions, so the increase in the number of users can be a momentum for developer to improve application quality. The process of evaluating the quality of an application is a stage that needs to be done beforehand to measure the current quality of the application. Sololearn as one of the mobile learning app that available in Google Playstore certainly has user reviews that contain opinions about the results of using an application. Each opinion has different sentiments between positive and negative, a review is considered to contain information that is useful in evaluating the quality of the application. Therefore, extracting information in the review text based on the ISO/IEC 25010 model in the Quality in Use domain, which is an evaluation model for measuring software quality from the user feedback point of view, with the Quality in Use characteristics used in this study are satisfaction and freedom from risk. The string matching and rule-based classification method approach used to classify reviews into Quality in Use characteristics resulted in an accuracy score of 72%, while the sentiment classification using the lexicon-based SentiWordNet method resulted in an accuracy score of 77%. From the Sololearn mobile app review in 2022, after passing the data processing, satisfaction characteristics devide with a positive and negative sentiment ratio of 91.7% and 8.3%, while freedom from risk characteristics devide with a positive sentiment ratio of 70% and negative 30%. SWOT analysis is used as a method to provide recommendations for company strategies from the results of sentiment analysis conducted. The results of this study resulted in ten strategy recommendations to be applied to the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150184
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, Quality in Use, string matching, SentiWordNet, analisis SWOT-sentiment analysis, Quality in Use, string matching, SentiWordNet, SWOT analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:25
Last Modified: 25 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216112
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ikhlasul Amal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item