Perancangan User Experience Pendukung Pelaksanaan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking Pada SMK Negeri 2 Malang

Saputra, Muhammad Herman and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd and Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng. (2023) Perancangan User Experience Pendukung Pelaksanaan Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking Pada SMK Negeri 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya menjamin kualitas pendidikan di satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. SMK Negeri 2 Malang merupakan salah satu sekolah yang setiap tahunnya mengadakan pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa pada setiap jurusannya. Pelaksanaan UKK di SMK Negeri 2 Malang saat ini masih dilakukan secara manual dari mulai proses pendaftaran peserta uji kompetensi, proses asesmen sampai dengan pengelolaan data hasil asesmen. Pendaftaran dan proses asesmen yang memerlukan banyak sekali formulir untuk diisi menjadikan para peserta dan asesor maupun guru kesulitan dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian, yang didasarkan pada hasil diskusi dan wawancara bersama guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk merancang pengalaman pengguna (User Experience) pendukung kegiatan UKK berbasis website dengan metode Design Thinking pada SMK negeri 2 Malang yang memberikan hasil akhir berupa prototype. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Usability Testing dan Single Ease Question (SEQ). Penelitian ini melibatkan siswa, guru yang menjadi admin, dan asesor pelaksana UKK di SMK Negeri 2 Malang. Hasil analisis permasalahan dan kebutuhan pengguna yang diperoleh melalui hasil wawancara serta diskusi menjadi dasar dalam menentukan fitur dan tampilan yang ada di dalam website. Berdasarkan pengukuran efektivitas, siswa memperoleh hasil success rate dengan nilai 100%, asesor memperoleh hasil success rate dengan nilai 100%, dan admin memperoleh hasil success rate dengan nilai 95,83%. Pengukuran efisiensi siswa dengan time-based efficiency memperoleh nilai sebesar 0.113 goals/detik, asesor memperoleh pengukuran time-based efficiency dengan nilai sebesar 0.087 goals/detik, dan admin memperoleh pengukuran time-based efficiency dengan nilai sebesar 0.049 goals/detik. Pengukuran kepuasan siswa dengan menggunakan Single Ease Question (SEQ) memperoleh nilai sebesar 6.74, asesor memperoleh nilai sebesar 6.89, dan admin memperoleh nilai sebesar 6.79. Hasil pengujian yang didapatkan juga menjadi dasar dari perbaikan yang dilakukan pada beberapa tampilan yaitu halaman landing page, menu utama dashboard siswa dan asesor, halaman pendaftaran, dan halaman tambah skema.

English Abstract

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) is one of the government programs to ensure the quality of education in Vocational High School education units. SMK Negeri 2 Malang is one of the schools that annually organizes the implementation of Uji Kompetensi Keahlian (UKK) activities for students in each department. The implementation of UKK at SMK Negeri 2 Malang is currently still carried out manually, starting from the registration process for competency test participants, the assessment process to the management of assessment result data. The registration and assessment process that requires a lot of forms to be filled out makes it difficult for participants and assessors and teachers to carry out the Expertise Competency Test, which is based on the results of discussions and interviews with teachers and students. This research was conducted to design a user experience supporting web-based UKK activities with the Design Thinking method at SMK Negeri 2 Malang which provides the final result in the form of a prototype. Testing in this study was carried out using the Usability Testing and Single Ease Question (SEQ) methods. This research involved students, teachers who became admins, and assessors implementing UKK at SMK Negeri 2 Malang. The results of analyzing problems and user needs obtained through interviews and discussions are the basis for determining the features and appearance on the website. Based on the effectiveness measurement, students obtained a success rate with a value of 100%, assessors obtained a success rate with a value of 100%, and the admin obtained a success rate with a value of 95.83%. Measurement of student efficiency with time-based efficiency obtained a value of 0.113 goals/second, assessors obtained time-based efficiency measurements with a value of 0.087 goals/second, and admins obtained timebased efficiency measurements with a value of 0.049 goals/second. Measurement of student satisfaction using the Single Ease Question (SEQ) obtained a value of 6.74, the assessor obtained a value of 6.89, and the admin obtained a value of 6.79. The test results obtained are also the basis for improvements made to several displays, namely the landing page, the main menu of the student and assessor dashboard, the registration page, and the add scheme page.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052315
Uncontrolled Keywords: Uji Kompetensi Keahlian (UKK), User Experience, Design Thinking, Usability Testing, Single Ease Question (SEQ).Uji Kompetensi Keahlian (UKK), User Experience, Design Thinking, Usability Testing, Single Ease Question (SEQ).
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:18
Last Modified: 16 Feb 2024 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216106
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Herman Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item