Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Jenang Pada UMKM JTR.

Ratnasari., Devy and Ir. Effy Yuswita,, M.Si. and Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc. (2024) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Jenang Pada UMKM JTR. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenang merupakan salah satu makanan tradisional yang termasuk kuliner hasil dari kreativitas masyarakat jawa yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas suatu daerah. Di Ponorogo terdapat banyak para pelaku usaha yang memproduksi produk jenang. Hal ini menyebabkan adanya persaingan ketat diantara pengusaha jenang agar dapat menarik konsumen, serta terus dapat mengembangkan perusahaannya. Para pelaku usaha dituntut untuk memiliki strategi dalam menarik minat konsumen dengan cara memahami keinginan konsumen. UMKM JTR merupakan salah satu produsen jenang yang terkenal di Kabupaten Ponorogo, UMKM ini berdiri sejak taun 1982. Pada penelitian ini UMKM JTR mengalami penurunan variasi jenang yang dimiliki dikarenakan variasi tersebut kurang diminati oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut jenang JTR. Atribut yang diteliti adalah harga, logo halal, ukuran kemasan, variasi rasa, tekstur, serta ketahanan produk. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui karakteristik responden, mengetahui nilai utilitas serta kepentingan relatif dari setiap atribut produk jenang, serta untuk mengetahui atribut manakah yang paling dipertimbangkan oleh konsumen didalam membeli produk jenang JTR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analisis, metode analisis data yang digunakan yakni Analysis Conjoint. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen jenang JTR. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non-probability sampling dengan jenis sampling insidental/accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria pernah membeli atau mengkonsumsi jenang JTR. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analysis Conjoint dengan bantuan software SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa preferensi konsumen terhadap atribut jenang JTR yakni memiliki harga <20.000, terdapat logo halal, memiliki ukuran kecil dengan berat 500gr, dengan varian rasa kombinasi, memiliki tekstur kenyal, serta memiliki ketahanan ≥ 2 minggu. Atribut harga memiliki nilai utilitas 0,153, atribut logo memiliki nilai utilitas 0,151, atribut ukuran memiliki nilai utilitas 0,71, atribut varian rasa memiliki nilai utilitas 0,63, atribut tekstur produk memiliki nilai 0,61, dan atribut ketahanan produk memiliki nilai 0,58. Harga menjadi atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dikarenakan memiliki nilai kepentingan relatif tertinggi yakni 20,682. Hasil penelitian ini dapat mendorong UMKM terkait untuk mengadopsi inovasi baru dalam bentuk varian rasa produk baru sehingga UMKM dapat bersaing dan terus berkembang.

English Abstract

Jenang is one of the traditional food culinary products from the creativity of the Javanese community which is usually used as a typical souvenir of an area. In Ponorogo, there are many business actors who produce jenang products. This causes intense competition among jenang entrepreneurs in order to attract consumers, and continue to develop their company. Business actors to have to apply a to attracti consumer interest by understanding consumer desires. JTR MSME is one of the well-known jenang producers in Ponorogo Regency, this MSME was founded in 1982. In this study, JTR MSMEs experienced a decrease in the variety of jenang owned because these variations were less attractive to consumers. The purpose of this study was to determine consumer preferences for the JTR jenang attribute. The attributes studied were price, halal logo, packaging size, variety of flavors, texture, and product durability. This study was also used to determine the characteristics of respondents, determine the utility value and relative importance of each attribute of jenang products, and to determine which attributes are most considered by consumers in buying JTR jenang products. This research uses a quantitative approach, with the method used in this research is descriptive analysis, and data analysis method used is Conjoint Analysis. Sampling in this study used Non-probability sampling with incidental sampling / accidental sampling. The sample in this study amounted to 100 respondents with the criteria of having bought or consumed JTR jenang. The data used in this study are primary data. Data collection tools using questionnaires. The data analysis tool used in this research is Conjoint Analysis using of SPSS 26 software for windows. The result of this study indicated that consumer preferences for the JTR jenang attribute, namely having a price of <20,000, having a halal logo, having a small size weighing 500gr, with a combination of flavors, having a chewy texture, and having a durability of ≥ 2 weeks. The price attribute has a utility value of 0,153, the logo attribute has a utility value of 0,151, the size attribute has a utility value of 0,71, the flavor variant attribute has a utility value of 0,63, the product texture attribute has a value of 0,61, and the product durability attribute has a value of 0,58. Price is the attribute most considered by consumers because it has the highest relative importance value of 20,682. The results of this study can encourage related MSMEs to adopt new innovations in the form of new product flavors so that MSMEs can compete and continues to develop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040070
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:53
Last Modified: 16 Feb 2024 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216092
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devy Ratnasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item