Pengaruh Store Image terhadap Minat Beli Konsumen Sayuran Organik di PT AEON Indonesia (Survey Konsumen Sayuran Organik di AEON Store BSD City).

Patrick, Antonius and Ir. Edi Dwi Cahyono,, M.Sc., Ph.D. (2024) Pengaruh Store Image terhadap Minat Beli Konsumen Sayuran Organik di PT AEON Indonesia (Survey Konsumen Sayuran Organik di AEON Store BSD City). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya kandungan kimia dan residu pestisida yang terkandung dalam sayuran anorganik, masyarakat mulai melirik untuk beralih dari produk anorganik ke produk organik karena produk sayuran organik merupakan salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Beralihnya konsumsi produk sayuran dari anorganik ke organik akan menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap permintaan sayuran organik. Retail sebagai bagian dari sub sektor perdagangan tentunya memiliki berbagai macam produk yang dapat dijual secara praktis kepada konsumen termasuk produk sayuran organik yang angka peminatnya sedang mengalami kenaikan. AEON Store BSD City adalah salah satu cabang dari PT AEON Indonesia dan merupakan salah satu toko retail terbesar di Kabupaten Tangerang. Sebagai toko retail yang memasarkan sayuran organik sebagai salah satu komoditas utamanya, AEON Store BSD City dituntut untuk memaksimalkan pembentukan citra toko agar dapat bersaing dengan kompetitor di bidang yang sama. Penelitian ini berujuan untuk (1) mengetahui pengaruh store image terhadap minat pembelian konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City, (2) mengetahui pengaruh dimensi produk dalam store image terhadap minat pembelian konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City, (3) mengetahui pengaruh dimensi pelayanan terhadap minat pembelian konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City, (4) mengetahui pengaruh dimensi store atmosphere dalam store image terhadap minat pembelian konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City, dan (5) mengetahui pengaruh dimensi harga dalam store image terhadap minat pembelian konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey kuantitatif dengan metode Accidental Sampling sebagai metode penentuan sampelnya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif serta regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 26 for windows. Berdasarkan jumlah variabel dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 85 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) store image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian sayuran organik. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji simultan (F), diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa secara simultan, seluruh dimensi store image memperoleh hasil yang positif dan signifikan karena nilai F hitung yang diperoleh lebih besar daripada nilai F tabel yang mana nilainya adalah 39,082 > 3,55. Dalam uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa 64,5% minat beli konsumen sayuran organik di AEON Store BSD City dipengaruhi oleh keempat variabel bebas dalam penelitian ini sementara 35,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.Hasil berikutnya adalah (2) dimensi produk (X1) dalam store image memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap minat pembelian sayuran organik di AEON Store BSD City. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa secara parsial, produk memperoleh hasil yang negatif dan tidak signifikan karena hasil pengujian pada regresi linier berganda memperoleh koefisien produk sebesar -0,142 yang menunjukkan pengaruh yang negatif dan nilai t hitung yang diperoleh lebih rendah daripada nilai t tabel yang mana nilainya adalah -1,441 < 2,635. Hasil berikutnya yang diperoleh adalah (3) dimensi pelayanan (X2) dalam store image memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap minat pembelian sayuran organik di AEON Store BSD City. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa secara parsial, pelayanan memperoleh hasil yang positif dan tidak signifikan karena hasil pengujian pada regresi linier berganda memperoleh koefisien pelayanan sebesar 0,103 yang menunjukkan pengaruh yang positif dan nilai t hitung yang diperoleh lebih rendah daripada nilai t tabel yang mana nilainya adalah 0,896 < 2,635. Hasil selanjutnya yang diperoleh adalah (4) dimensi store atmosphere (X3) dalam store image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pembelian sayuran organik di AEON Store BSD City. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa secara parsial, store atmosphere memperoleh hasil yang positif dan signifikan karena hasil pengujian pada regresi linier berganda memperoleh koefisien store atmosphere sebesar 0,485 yang menunjukkan pengaruh yang positif dan nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi daripada nilai t tabel yang mana nilainya adalah 3,887 > 2,635. Lalu hasil terakhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah (5) dimensi harga (X4) dalam store image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pembelian sayuran organik. Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa secara parsial, harga memperoleh hasil yang positif dan signifikan karena hasil pengujian pada regresi linier berganda memperoleh koefisien harga sebesar 0,466 yang menunjukkan pengaruh yang positif dan nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi daripada nilai t tabel yang mana nilainya adalah 4,701 > 2,635. Saran untuk penelitian ini adalah menerapkan penyesuaian harga, penataan produk, dan pemberian penawaran menarik juga dapat diterapkan untuk meningkatkan minat pembelian konsumen terhadap produk sayuran organik.

English Abstract

Along with the development of science and public awareness about the dangers of chemical content and pesticide residues contained in inorganic vegetables, people are starting to look at switching from inorganic products to organic products because organic vegetable products are one solution to solve these problems. Switching consumption of vegetable products from inorganic to organic will cause an increase in demand for organic vegetables. Retail as part of the trade sub-sector certainly has a wide range of products that can be sold practically to consumers including organic vegetable products whose demand is on the rise. AEON Store BSD City is one of the branches of PT AEON Indonesia and is one of the largest retail stores in Tangerang Regency. As a retail store that markets organic vegetables as one of its main commodities, AEON Store BSD City is required to maximize store image formation in order to compete with competitors in the same field. This study aims to (1) determine the effect of store image on consumer purchase interest in organic vegetables at AEON Store BSD City, (2) determine the effect of the product dimension in store image on consumer purchase interest in organic vegetables at AEON Store BSD City, (3) determine the effect of the service dimension on consumer purchase intention for organic vegetables at AEON Store BSD City, (4) determine the influence of the Store atmosphere dimension in store image on consumer purchase intention for organic vegetables at AEON Store BSD City, (5) determine the influence of the price dimension in store image on consumer purchase intention for organic vegetables at AEON Store BSD City. This study uses a quantitative survey approach with the Accidental Sampling method as the sampling method. Data collection in this study used a closed questionnaire with a Likert scale. Data analysis in this study used descriptive analysis methods and multiple linear regression with the help of IBM SPSS 26 software for windows. Based on the number of variables and data analysis techniques used in this study, a sample size of 85 respondents was obtained. The results obtained from this study are (1) store image has a significant influence on interest in purchasing organic vegetables. Based on the results of multiple linear regression testing, the coefficient of determination, and the simultaneous test (F), the results show that simultaneously, all dimensions of store image obtain positive and significant results because the calculated F value obtained is greater than the F table value which is 39.082> 3.55. In the coefficient of determination test, the results show that 64.5% of consumer buying interest in organic vegetables at AEON Store BSD City is influenced by the four independent variables in this study while the remaining 35.5% is influenced by variables not discussed in this study. The next result is (2) the product dimension (X1) in store image has a negative and insignificant influence on the purchase intention of organic vegetables at AEON Store BSD City. The results obtained show that partially, the product obtained negative and insignificant results because the test results on multiple linear regression obtained a product coefficient of -0.142 which shows a negative effectand the calculated t value obtained is lower than the t table value which is -1.441 < 2.635. The next result obtained is (3) the service dimension (X2) in the store image has a positive but insignificant influence on the purchase intention of organic vegetables at AEON Store BSD City. The results obtained show that partially, the service obtained positive and insignificant results because the test results on multiple linear regression obtained a service coefficient of 0.103 which shows a positive effect and the calculated t value obtained is lower than the t table value which is 0.896 < 2.635. The next result obtained is (4) the store atmosphere dimension (X3) in store image has a positive and significant influence on interest in purchasing organic vegetables at AEON Store BSD City. The results obtained show that partially, the store atmosphere has positive and significant results because the test results on multiple linear regression obtained a store atmosphere coefficient of 0.485 which shows a positive effect and the calculated t value obtained is higher than the t table value which is 3.887> 2.635. Then the last result obtained from this study is (5) the price dimension (X4) in store image has a positive and significant influence on interest in purchasing organic vegetables. The results obtained show that partially, the price has positive and significant results because the test results on multiple linear regression obtained a price coefficient of 0.466 which shows a positive effect and the calculated t value obtained is higher than the t table value which is 4.701> 2.635. Suggestions for this research are to apply price adjustments, product arrangement, and provide attractive offers can also be applied to increase consumer purchasing interest in organic vegetable products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040059
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:52
Last Modified: 16 Feb 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216063
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Antonius Patrick.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item