Evaluasi Kapabilitas Teknologi Informasi pada KKP Kelas II Probolinggo Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019

Shofiyah, Hana and Suprapto, S.T.,MT. and Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT (2024) Evaluasi Kapabilitas Teknologi Informasi pada KKP Kelas II Probolinggo Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tata kelola teknologi informasi dibutuhkan untuk memastikan bahwa investasi pada teknologi informasi yang telah diterapkan oleh instansi memberikan nilai tambah (value) yang baik, mengurangi risiko bisnis terkait teknologi informasi, serta memastikan bahwa kapabilitas teknologi informasi selaras dengan tujuan organisasi. Hal tersebut membuat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Probolinggo mengerahkan upayanya untuk menjamin tercapainya tugas dan fungsi instansi dalam menyediakan layanan kesehatan dengan menyediakan infrastruktur teknologi informasi agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam proses bisnisnya. Penelitian ini fokus pada capability level tata kelola TI yang dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi prioritas TI yang mendasari tujuan strategis KKP Kelas II Probolinggo melalui evaluasi tata kelola teknologi informasi menggunakan COBIT 2019 dengan fokus pada proses yang sesuai dengan akar permasalahan instansi yang dipetakan melalui Design Toolkit 2019 hingga menghasilkan proses APO11 – Manajemen Kualitas dan BAI04 – Manajemen Ketersediaan dan Kapasitas. Proses tersebut dilakukan penilaian capability level dan analisis kesenjangan (gap analysis) kondisi instansi saat ini (as-is) untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan mencapai level target yang diharapkan (to-be). Hasil penilaian kapabilitas menunjukkan bahwa proses APO11 dan BAI04 berada pada level 1 (as-is), dengan rating scale APO11 sebesar 12.5% (Not Achieved) dan BAI04 sebesar 37.5% (Partially Achieved). Hasil tersebut didapatkan dari dokumen pada COBIT 2019 yang diinterpretasikan ke dalam implementasi dokumen yang dimiliki oleh instansi. Hasil pengukuran ini menjadi dasar untuk memberikan rekomendasi berdasarkan best practice yang dapat diterapkan guna meningkatkan kualitas layanan TI dan mendukung pencapaian tujuan strategis. Kesenjangan (gap) yang ditemukan pada kondisi saat ini (as-is) dengan kondisi yang diharapkan (to-be) dalam proses APO11 dan BAI04 adalah 1 dengan mengharapkan telah mencapai level 2 (to-be). Penilaian capability level dan analisis kesenjangan (gap analysis) menghasilkan rekomendasi agar dapat membantu dan segera diimplementasikan dalam proses perencanaan pengoptimalan Manajemen Kualitas dengan waktu realisasi selama 1 tahun dan Manajemen Ketersediaan dan Kapasitas dengan waktu realisasi selama 9 bulan teknologi informasi KKP Kelas II Probolinggo.

English Abstract

Information technology governance is essential to guarantee that the executed investments in information technology within organizations yield significant added value, mitigate business risks associated with IT, and ensure alignment of IT capabilities with the overarching organizational objectives. It makes the Port Health Office (KKP) Class II Probolinggo exert its efforts to ensure the achievement of the agency's duties and functions in providing health services by providing information technology infrastructure to utilize information technology in its business processes. This research focuses on the capability level of IT governance carried out to identify IT priorities that underlie the strategic objectives of KKP Class II Probolinggo through an evaluation of information technology governance using COBIT 2019 with a focus on processes that are by the governance's root problems mapped through the 2019 Design Toolkit to produce the APO11 - Quality Management and BAI04 - Availability and Capacity Management processes. An assessment of capability level and gap analysis actively conducts the process of the governance's current condition (as-is) to produce recommendations for improvement to achieve the expected target level (to-be). The results of the capability assessment show that the APO11 and BAI04 processes are at level 1 (as-is), with an APO11 rating scale of 12.5% (Not Achieved) and BAI04 of 37.5% (Partially Achieved). The governance interprets the results obtained from documents in COBIT 2019 into its own implementation documents. The results of this measurement are the basis for providing recommendations based on best practices that can be applied to improve the quality of IT services and support the achievement of strategic goals. The gap found in the current condition (as-is) with the expected condition (to-be) in the APO11 and BAI04 processes is 1 by expecting to have reached level 2 (to-be). The capability level assessment and gap analysis resulted in recommendations to help and be implemented immediately in the planning process of optimizing Quality Management with a realization time of 1 year and Availability and Capacity Management with a realization time of 9 months of information technology KKP Class II Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150171
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 2019, Manajemen Kualitas, Manajemen Ketersediaan dan Kapasitas, Capability Level, Analisis Kesenjangan, Rekomendasi-Information Technology Governance, COBIT 2019, Quality Management, Availability and Capacity Management, Capability Level, Gap Analysis, Recommendations.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:42
Last Modified: 27 Feb 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216050
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hana Shofiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item