Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya

Firmansyah, Andy and Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D and Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT (2024) Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan ke Program Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah berada pada tingkat yang cukup pesat. Dengan kondisi ini, perlu adanya pemanfaatan media sosial yang maksimal dalam mencapai tujuan tertentu yang bersifat positif, misalnya mempromosikan program-program masjid. Salah satu masjid yang telah memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan program-programnya adalah Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari beberapa variabel media sosial terhadap minat kunjungan ke program masjid, dengan mengambil studi kasus pada Masjid Raden Patah, yang merupakan masjid kampus utama dari Universitas Brawijaya. Penelitian ini menerapkan metode survei dengan melibatkan para jamaah program Masjid Raden Patah yang sudah pernah berkunjung ke salah satu program masjid ini minimal sebanyak dua kali, dengan menerapkan teknik purposive sampling dan ukuran minimal sampel sebesar 100 data. Proses pengumpulan data berhasil dilakukan dengan melibatkan 109 responden, yang memiliki rentang usia 18–23 tahun. Proses analisis data menerapkan metode generalized linear model dengan memanfaatkan aplikasi desktop RStudio. Hasil proses analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Konten dan Kualitas Desain dari media sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan ke program Masjid Raden Patah. Namun, variabel Kualitas Informasi dari media sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan ke program Masjid Raden Patah. Hasil studi ini dapat mengembangkan topik bahasan penelitian baru yang melibatkan pengaruh media sosial terhadap minat kunjungan, tetapi secara spesifik pada objek masjid.

English Abstract

The growth of information technology in Indonesia has been at a fairly rapid level. Under these conditions, it is necessary to make maximum use of social media to achieve certain positive goals, for example promoting mosque's programs. One of the mosque that has utilized social media to promote its programs is the Raden Patah Mosque, Brawijaya University. This research aims to determine whether there is an impact of several social media variables on interest in visiting mosque programs, by taking a case study at the Raden Patah Mosque, which is the main campus mosque of Brawijaya University. This research applies a survey method by involving members of the Raden Patah Mosque program who have visited one of these mosque programs at least twice, by applying purposive sampling techniques and a minimum sample size of 100 data. The data collection process was successfully carried out involving 109 respondents, whose age range was 18–23 years. The data analysis process applies the generalized linear model method using the RStudio desktop application. The results of the analysis process in this research show that the variables Content Quality and Design Quality from social media have a significant impact on Visit Intention to the Raden Patah Mosque program. However, the Information Quality variable from social media does not have a significant impact on Visit Intention to the Raden Patah Mosque program. The results of this study can develop a new research topic involving the impact of social media on visiting interest, but specifically on mosque objects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150162
Uncontrolled Keywords: pengaruh, media sosial, minat kunjungan, program, masjid-impact, social media, visit intention, program, mosque
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:21
Last Modified: 27 Feb 2024 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216039
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andy Firmansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item