Nasa., Alda Rizkino Wega Intan and Dr. Ir. Agustina Shinta, HW, MP. and Novi Haryati,, SP., MP. (2024) Pengaruh Kesesakan Manusia Spasial terhadap Citra Merek Restoran Mie Kekinian dan Dampaknya terhadap Word of Mouth di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri kuliner memiliki tingkat pertumbuhan yang pesat seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung konsumtif terhadap makanan siap saji, murah, dan enak seperti mie pedas kekinian. Popularitas mie ini membawa dampak positif dalam jumlah pengunjung rumah makan. Namun, hal tersebut juga menimbulkan permasalahan dalam hal pelayanan serta kesesakan pada restoran. Kesesakan memiliki dua pengaruh dimana kesesakan manusia dapat memengaruhi persepsi positif terhadap popularitas, reputasi, harga, dan kualitas rumah makan. Di sisi lain, kesesakan spasial berdampak negatif terhadap kenyamanan konsumen. Persepsi konsumen terhadap kesesakan dapat memengaruhi citra merek dan berpotensi mempengaruhi word of mouth. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Mie Gacoan di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 150 sampel. Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuisioner tertutup dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan software WarpPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesakan manusia dan kesesakan spasial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Kesesakan manusia yang terjadi pada restoran Mie Gacoan menunjukkan suasana restoran yang menyenangkan serta popularitas restoran yang baik. Sementara itu, kesesakan spasial berpengaruh secara positif karena kesesakan yang terjadi dapat dialihkan dengan suasana dan desain interior restoran. Kemudian, citra merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth dimana hal ini dikarenakan Mie Gacoan memiliki citra yang melekat kuat sebagai restoran mie pedas dengan kualitas makanan yang baik. Kualitas makanan yang baik dapat menjadi pendorong utama konsumen untuk berbicara secara positif tentang restoran tersebut. Restoran Mie Gacoan disarankan untuk memasang loket pemesanan tambahan agar dapat mengurangi waktu antrean. Selain itu, perlu diperhatikan tata letak ruangan agar memberikan ruang gerak yang lebih leluasa bagi konsumen. Penataan ruangan yang diatur dengan baik dan sederhana akan mempermudah pergerakan baik bagi konsumen maupun karyawan di dalam restoran.
English Abstract
The culinary industry has experienced rapid growth in tandem with changes in societal lifestyles, marked by a consumer trend towards convenient, affordable, and tasty fast food, such as trendy spicy noodles. The popularity of these noodles has positively impacted restaurant foot traffic, but it has also led to challenges in terms of service quality and crowdedness within the establishments. Crowdedness has dual effects, where human crowdedness can influence positive perceptions regarding popularity, reputation, pricing, and the quality of the restaurant. Conversely, spatial crowdedness negatively affects consumer comfort. Consumer perceptions of crowdedness can impact brand image and potentially influence Word of Mouth. This research was conducted on consumers of Mie Gacoan in Malang City. The sampling technique used was purposive sampling with a total sample of 100 respondents. Primary data collection was carried out through closed questionnaires using Likert scale. Data analysis was performed using descriptive statistical analysis and Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) with WarpPLS software. The results of this study indicate that both human congestion and spatial congestion have a positive and significant impact on brand image. The human congestion in Mie Gacoan restaurant suggests a pleasant atmosphere and good popularity. Meanwhile, spatial congestion has a positive influence as it can be redirected through the restaurant's atmosphere and interior design. Furthermore, brand image also has a positive and significant effect on word of mouth, attributed to Mie Gacoan's strong image as a spicy noodle restaurant with good food quality. The high food quality serves as a key driver for customers to speak positively about the restaurant. In light of these findings, Mie Gacoan restaurant is recommended to install additional order counters to reduce waiting times. Furthermore, attention should be given to the layout of the space to provide more freedom of movement for customers. A well-organized and simple spatial arrangement will facilitate smooth movement for both customers and staff inside the restaurant
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0424040002 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:34 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216015 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alda Rizkino Wega Intan Nasa.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |