Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang

Puspitasari, Adellia Putri and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Prima Zulvarina, S.S., M.Pd. (2024) Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model dan media termasuk komponen yang terlibat pada kegiatan pembelajaran. Discovery Learning adalah model pembelajaran menginstruksikan siswa menemukan pengetahuannya secara mandiri sebagai bentuk pengalaman belajar. Audio visual ialah media pembelajaran yang cara penyampaian materinya dengan memakai media gabungan dari gambar (visual) dan audio (suara). Berdasarkan wawancara dengan guru pengampu, guru menggunakan model belajar Project Based Learning sehingga guru fokus pada kegiatan praktik dibandingkan pemahaman materi secara teori. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan model Discovery Learning berbantu media audio visual berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian termasuk penelitian percobaan atau Experimen Research. Penelitian melibatkan total 66 siswa, 34 siswa kelas X TKJ Wirausaha dan 32 siswa kelas X TKJ Akademik. Kelas X TKJ Wirausaha dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X TKJ Akademik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan wawancara, tes, kuesioner, dan observasi. Berdasarkan kegiatan penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa dengan memperoleh nilai 0,000 ≤ 0,050 sehingga Ha penelitian dapat diterima. Pada hasil belajar afektif siswa nilai dari uji Hipotesis mendapat nilai 0,589 ≥ 0,050 sehingga Ha penelitian ditolak. Dapat disimpulkan model Discovery Learning berbantu media audio visual berpengaruh pada hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa, tetapi tidak memberikan pengaruh pada hasil belajar afektif siswa.

English Abstract

The model and media are components involved in the learning process. Discovery Learning is a learning model that instructs students to independently discover knowledge as a form of learning experience. Audiovisual is a learning media that delivers content by using a combination of visual (images) and audio (sound). Based on an interview with the teacher, the teacher employs the Project-Based Learning model, focusing more on practical activities than theoretical understanding. This research aims to prove that the implementation of the Discovery Learning model with audiovisual media assistance influences students' learning outcomes in the Basic Programming subject at SMK Negeri 3 Malang. The research falls under experimental research. It involves a total of 66 students, with 34 students in the Entrepreneurship class of Grade X TKJ and 32 students in the Academic class of Grade X TKJ. The Entrepreneurship class serves as the experimental group, while the Academic class serves as the control group. Data collection methods include interview, tests, questionnaires, and observations. Based on research activities, there are significant differences in students' cognitive and psychomotor learning outcomes with scores of 0.000 ≤ 0.050 so that the research Ha can be accepted. However, for affective learning outcomes, the hypothesis test yields a value of 0.589 ≥ 0.050, leading to the rejection of the research hypothesis. In conclusion, the Discovery Learning model with audiovisual media assistance influences cognitive and psychomotor learning outcomes but does not have an impact on affective learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150158
Uncontrolled Keywords: discovery learning, audio visual, hasil belajar, pemrograman dasar.discovery learning, audio-visual, learning outcomes, basic programmig
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:21
Last Modified: 27 Feb 2024 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216005
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adellia Putri Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Actions (login required)

View Item View Item