Visualisasi Performa Bisnis Menggunakan Platform Dashboard Monday Pada Kopi Awanbrew

Ramadhani, Achmad Riski and Ir. Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. (2024) Visualisasi Performa Bisnis Menggunakan Platform Dashboard Monday Pada Kopi Awanbrew. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi Awanbrew merupakan salah satu kedai kopi di kota pasuruan yang memiliki konsep fourth-wave coffee. Saat ini proses pembuatan laporan performa bisnis yang dilakukan oleh stakeholder Kopi Awanbrew dilakukan secara terpisah pada masing-masing platform yang digunakan sehingga peran stakeholder semakin sulit untuk mendapatkan informasi dengan tepat waktu. Terlebih lagi dalam melakukan analisis data untuk mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat visualisasi dashboard untuk membantu stakeholder Kopi Awanbrew mengakses dan melakukan analisis data performa bisnis dengan efektif. Pengguna dashboard ini adalah dua stakeholder Kopi Awanbrew yang berperan sebagai Chief Operating Officer (COO) dan Chief Financial Officer (CFO). Dashboard pada penelitian ini dapat digunakan untuk membantu stakeholder dalam mengambil keputusan dan melakukan evaluasi terhadap kinerja performa bisnis Kopi Awanbrew dengan menyajikan Key Performance Indicators (KPI) dalam dashboard. KPI ditentukan oleh stakeholder dan ditampilkan dalam bentuk visual began dan grafik agar dapat dianalisa dengan lebih efektif, efisien dan cepat. Dashboard dalam penelitian ini menggunakan Platform Monday dan menggunakan pendektatan user-centric dengan lima tahapan utama yaitu Identifikasi Masalah, Perancangan KPI, Pengumpulan Data, Visualisasi Dashboard, Pengujian dan Evaluasi Dashboard. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan User Acceptance Test dan di kategorikan berdasarkan Skala likert, pengujian Dashboard memperoleh hasil interpretasi sangat baik dengan penilaian sebesar 85.55%.

English Abstract

coffee concept. Currently, the process of creating business performance reports by stakeholders is carried out separately on each platform used by business, this means the process to analyze the data difficult and is not effective. The aim of this research is to create a dashboard visualization to help Awanbrew Coffee stakeholders access and analyze business performance data on time and effectively. The users of this dashboard are two Awanbrew Coffee stakeholders who act as Chief Operating Officer and Chief Financial Officer. The dashboard in this research can be used to help stakeholders make informed decisions and evaluate Awanbrew Coffee’s business performance by presenting Key Performance Indicators (KPI) in the dashboard. KPIs are determined by stakeholders and displayed in visual form and graphs so the can be analyzed more effectively, efficiently and quickly. The dashboard in this research uses the Monday Platform through user-centric approach with five main stages, namely Problem Identification, KPI Design, Data Collection, Dashboard Visualization, Dashboard Testing and Evaluation. Based on the evaluation results using the User Acceptance Test and categorized based on the Likert Scale, the dashboard testing obtained vary good interpretation results with an assessment of 85.55%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150157
Uncontrolled Keywords: Dashboard, Key Performance Indicator, Monday.com, User Acceptance Test-Dashboard, Key Performance Indicator, Monday.com, User Acceptance Test
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:53
Last Modified: 26 Feb 2024 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216004
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Riski Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item