Strategi E-Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Produk Oleh-oleh Coklat di Bali (Studi pada Falala Chocolate Bali)

Priyanta, Riswanda Dwiky and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP (2023) Strategi E-Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Produk Oleh-oleh Coklat di Bali (Studi pada Falala Chocolate Bali). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era saat ini proses pembangunan suatu negara semakin meningkat dengan sangat pesat. Hal ini dapat kita lihat dari peningkatan pendapatan perkapita suatu negara yang akan mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya hal demikian maka masyarakat memiliki suatu kebutuhan yang beraneka ragam yang akan membuka peluang bisnis bagi para produsen. Salah satu usaha yang ramai dan banyak dalam persaingan UMKM yaitu produk-produk olahan makanan, minuman, dan oleh-oleh khas daerah yang menarik daya beli konsumen. Ketatnya persaingan akan mangakibatkan pada minat beli masyarakat. Oleh karena itu masing-masing pelaku UMKM akan mempertimbangkan strategi yang tepat seperti memperhatikan jenis pemasaran yang digunakan dalam menarik minat beli konsumen seperti melakukan promosi dan penjualan dengan menggunakan media elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-marketing melalui media online yang mencakup faktor kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi dan harga dalam mempengaruhi minat beli konsumen yang akan berdampak kepada keputusan pembelian konsumen dan loyalitas konsumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner sebanayak 100 orang yang ditemui di Falala Chocolate Bali dengan kreteria sudah pernah melakukan pembelian secara online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, keputusan dan loyalitas konsumen, kemudahan berpengaruh positif terhadap niat beli dan loyalitas, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dan kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen, tetapi tidak berpegaruh positif signifikan terhadap dan keputusan pembelian konsumen dan loyalitas konsumen. Selanjutnya Harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan dan loyalitas konsumen, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Selanjutnya penelitian memberikan rumusan strategi yang dapat dilakukan perusahaan seperti Rumusan strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan strategi kepercayaan melibatkan pendekatan holistik yang mencakup transparansi, kualitas layanan konsisten, dan integritas etika bisnis serta tanggung jawab sosial perusahaan, strategi kemudahan tidak hanya berfokus pada tahap pembelian, tetapi juga pada seluruh perjalanan konsumen, mulai dari penjelasan produk hingga layanan purna jual. Strategi kualitas informasi dapat menyertakan testimoni pelanggan, dan bukti sosial dapat membantu menciptakan naratif yang lebih kuat dan meyakinkan konsumen. informasi Strategi harga harus diarahkan untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara daya tarik harga dan penciptaan nilai, dengan penekanan pada kehati-hatian dalam penggunaan diskon dan promosi.

English Abstract

In the current era, the development process of a country is increasing very rapidly. We can see this from an increase in a country's per capita income, which will increase the level of social welfare. With this, society has diverse needs, which will open up business opportunities for producers. One of the busiest and most competitive businesses in UMKM is processing food products, drinks, and regional souvenirs that attract consumers' purchasing power. Tight competition will impact people's buying interest. Therefore, each MSME player will consider the right strategy, such as paying attention to the type of marketing used to attract consumer buying interest, such as carrying out promotions and sales using electronic media.. This research aims to analyze the influence of e-marketing through online media, which includes factors of trust, convenience, quality of information, and price, in influencing consumer buying interest, which will have an impact on consumer purchasing decisions and consumer loyalty. The data in this research was collected using a questionnaire from as many as 100 people who were met at Falala Chocolate Bali with the criteria of having made online purchases. The analytical method used in this research consists of two analyses, namely descriptive analysis and structural analysis Equation Modeling—Partial Least Squares (SEM-PLS). The results of this research show that the trust factor has a significant positive effect on consumer purchase intention, decisions, and loyalty; convenience has a positive effect on purchase intention and loyalty but does not have a significant effect on consumer decisions; and information quality has a significant positive effect on consumer purchase interest but does not have a positive effect. significant impact on consumer purchasing decisions and consumer loyalty. Furthermore, price has a significant positive effect on consumer decisions and loyalty but does not have a significant effect on purchasing interest. Furthermore, the research provides a strategy formulation that can be carried out by companies, namely a trust strategy involving a holistic approach that includes transparency, consistent service quality, integrity, business ethics, and corporate social responsibility. The convenience strategy does not only focus on the purchasing stage but also throughout the consumer journey, from product explanation to after-sales service. Information quality strategies can include customer testimonials, and social proof can help create a stronger narrative and convince consumers. information Pricing strategy should be aimed at achieving

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423040023
Uncontrolled Keywords: E-Marketing, SEM PLS, Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Harga, Loyalitas Konsumen.
Divisions: S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:46
Last Modified: 12 Feb 2024 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215954
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Riswanda Dwiky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item