Perbaikan User Experience Situs Website Nakula Sadewa dengan Metode Design Thinking

Dhetra Alfadjar, Syifara and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M,Kom (2024) Perbaikan User Experience Situs Website Nakula Sadewa dengan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV.Nakula Sadewa memiliki ruang lingkup bisnis diantaranya teknologi informasi, pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan manajemen sistem. Website CV. Nakula Sadewa ini adalah bentuk produk sistem informasi yang dikembangkan dengan tujuan menarik minat dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan serta produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang harapannya dapat meningkatkan target penjualan melalui website. Website ini memiliki layanan antara lain: melihat informasi seputar perusahaan, melihat produk yang ditawarkan, melihat portofolio perusahaan, dan menyediakan form untuk mengirimkan konsultasi mengenai produk yang dibutuhkan pelanggan. Meski begitu masih ditemukan permasalahan terkait penggalaman pengguna. Penelitian ini menerapkan pendekatan design thinking untuk merancang perbaikan user experience pada website nakula sadewa dengan mendefinisikan permasalahan serta memberikan solusi perbaikan desain yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi perbaikan desain selanjutnya diuji menggunakan usability testing dan kuesioner Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q) untuk mengetahui apakah perbaikan desain yang dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari pengujian didapatkan nilai rata-rata efektivitas sebesar 100% atau termasuk dalam kategori good, nilai rata-rata efisiensi sebesar 0,2428 goals/detik dan 100%, serta nilai kepuasan pengguna berdasarkan SUPR-Q sebesar 92,5% untuk keseluruhan aspek, 92% untuk aspek kegunaan (usability), 96% untuk aspek kepercayaan (credibility), 94% untuk aspek penampilan (appearance), dan 88% untuk loyalitas (loyalty) seluruhnya termasuk pada kategori acceptable dengan nilai excellent.

English Abstract

CV. Nakula Sadewa operates in various business domains including information technology, education, health, entrepreneurship, and system management. The CV. Nakula Sadewa website represents a product of an information system developed with the aim of attracting customer interest and trust in the company and its offerings. The website's purpose is to enhance sales targets through online platforms. The website provides services such as accessing information about the company, viewing offered products, exploring the company's portfolio, and offering a form for customers to consult about needed products. However, there are still identified issues related to user experience. This research applies a design thinking approach to redesign the user experience on the Nakula Sadewa website by defining the problems and providing design improvement solutions to address these issues. The proposed design solutions are then tested using usability testing and the SUPR-Q questionnaire to determine if the design improvements align with user needs. The testing results reveal an average effectiveness score of 100%, categorized as "good." The average efficiency score is 0.2428 goals/second with a 100% rating. User satisfaction, as measured by the SUPR-Q, is 92.5% for overall aspects, 92% for usability, 96% for credibility, 94% for appearance, and 88% for loyalty. All of these scores fall within the "acceptable" category with an "excellent" rating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Desain thinking, user experience, usability testing, SUPR-Q, perbaikan desain, Desain thinking, user experience, usability testing, SUPR-Q, design improvements
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:49
Last Modified: 12 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215899
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syifara Dhetra Alfadjar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item