Analisis Penerapan Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Website PT.Myeco Teknologi Nusantara

Albie Reyhan Elvanda, Sultan and Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom (2024) Analisis Penerapan Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Website PT.Myeco Teknologi Nusantara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Myeco Teknologi Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang solusi teknologi smart home penghematan listrik dengan produk alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT/internet of things. PT. Myeco Teknologi Nusantara ingin memaksimalkan penggunakan teknologi sebagai media pemasaran terutama pada search engine. Myeco mempunyai website namun belum secara optimal menerapkan SEO sebab ada beberapa optimasi dalam SEO yang belum dilakukan yang mengakibatkan traffic dan kesadaran merek yang rendah. Hal itu dapat dibuktikan tidak adanya halaman website Myeco dengan hasil pencarian kata kunci terkait produk utama pada mesin pencari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (development) implementatif untuk menguji efektivitas perubahan strategi penerapan SEO. Penemuan masalah pada strategi dalam penerapan SEO website ditemukan setelah melakukan analisis menggunakan diagram Fishbone, setelah itu peneliti melakukan perubahan dan perbaikan pada strategi penerapan SEO menggunakan metode Onpage dan Offpage SEO. Pengujian dilakukan dengan menggunakan beberapa tools untuk mengetahui perubahan peringkat kata kunci, jumlah pengunjung website, dan perfomance. Dalam waktu dua bulan dari awal Oktober hingga akhir November terdapat perubahan kenaikan pengunjung website sebesar 184%, peringkat kata kunci 38%, dan performance 4,55%. Kenaikan data pengunjung website menunjukkan bahwa kesadaran merek atau brand awareness dari perusahaan juga mengalami peningkatan.

English Abstract

PT Myeco Teknologi Nusantara is a company engaged in smart home technology solutions for saving electricity with products for automatic electricity saving devices based on IoT / internet of things. PT Myeco Teknologi Nusantara wants to maximize the use of technology as a marketing medium, especially on search engines. Myeco has a website but has not optimally implemented SEO because there are several optimizations in SEO that have not been done which results in low traffic and brand awareness. This can be proven by the absence of Myeco's website page with keyword search results related to the main product on search engines. This research uses an implementative development method to test the effectiveness of changes in SEO implementation strategies. The discovery of problems in the strategy for implementing website SEO was found after analyzing using a Fishbone diagram, after which the researcher made changes and improvements to the SEO implementation strategy using the Onpage and Offpage SEO methods. Testing was carried out using several tools to determine changes in keyword ranking, number of website visitors, and performance. Within two months from the beginning of October to the end of November, there was an increase in website visitors of 184%, keyword ranking of 38%, and performance by 4.55%. The increase in website visitor data shows that brand awareness of the company has also increased.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: brand awareness, mesin pencari, Search Engine Optimization (SEO), website, brand awareness, search engine, Search Engine Optimization (SEO), website
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:23
Last Modified: 12 Feb 2024 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215885
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sultan Albie Reyhan Elvanda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item