Pengaruh Adopsi E-commerce dan E-payment terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Penanggungan

Bukama, Simon and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom and Almira Syawli, S.Kom., M.Kom (2024) Pengaruh Adopsi E-commerce dan E-payment terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Penanggungan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, adopsi teknologi menjadi salah satu aspek krusial dalam mempertahankan daya saing dan pertumbuhan bagi berbagai sektor usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Adopsi ecommerce dan e-payment menawarkan potensi untuk memberikan akses yang lebih luas ke pasar, memperluas jaringan distribusi, serta meningkatkan efisiensi operasional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adopsi e-commerce dan e-payment terhadap kinerja UMKM. Objek penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kelurahan Penanggungan. Teknik probability sampling berjenis random sampling digunakan untuk pengambilan sampel penelitian. Sejumlah 36 UMKM di Kelurahan Penanggungan dijadikan responden. Analisis data pada penelitian ini meggunakan Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa adopsi e-commerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM, sementara e-payment tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa melalui adopsi ecommerce, UMKM memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan, laba, efisiensi operasional, dan kepuasan konsumen. Dengan memanfaatkan layanan jasa e-commerce, konsumen dapat mengakses dan melakukan pemesanan dengan mudah dari berbagai lokasi, memungkinkan UMKM memberikan layanan yang lebih baik. Meskipun e-payment tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara individual, pengaruh simultan dari adopsi e-commerce dan epayment terhadap kinerja UMKM tetap terbukti signifikan. Penelitian ini tiba pada suatu saran bahwa pelaku UMKM perlu memperhatikan adopsi ecommerce dan e-payment sebagai faktor peningkat kinerja. Adopsi e-commerce memungkinkan produsen untuk promosi tanpa pertemuan langsung, sementara e-payment memudahkan transaksi pembelian, potensial memberikan dampak positif pada kinerja UMKM.

English Abstract

In the digital era that continues to develop, the application of technology is a crucial aspect in maintaining competitiveness and growth for various business sectors, including Micro, Small and Medium Enterprises. The adoption of ecommerce and e-Payment offers the potential to provide wider access to markets, expand distribution networks, and increase operational efficiency. This research aims to analyze the effect of implementing e-commerce and e-Payment on the performance of SMEs. The object of this research is SMEs located in Penanggungan Village. A random sampling type probability sampling technique was used for research sampling. A total of 36 SMEs in Penanggungan Subdistrict were used as respondents. Data analysis in this study used Multiple Linear Regression. Hypothesis testing uses the T test and F test. The results of the analysis in this study show that the implementation of e-commerce has a significant influence on the performance of SMEs, while e-Payment does not show a significant influence. From these findings, it can be concluded that by implementing e-commerce, SMEs have the potential to increase sales, profits, operational efficiency and consumer satisfaction. By utilizing e-commerce services, consumers can access and place orders easily from various locations, enabling SMEs to provide better services. Even though e-Payment does not show a significant influence individually, the simultaneous influence of implementing ecommerce and e-Payment on SME performance is still proven to be significant. This research comes to a suggestion that SME players need to pay attention to the implementation of e-commerce and e-Payment as performance enhancing factors. The adoption of e-commerce allows manufacturers to promote without face-to-face meetings, while e-Payment makes purchasing transactions easier, potentially having a positive impact on SME performance..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Adopsi e-commerce, e-payment, kinerja UMKM, SME performance
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:35
Last Modified: 07 Feb 2024 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215879
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Simon Bukama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item