Pengembangan Personalized Learning Environment Berbasis Gim Top Down Menggunakan Metode 4D

Kharisma, Mochammad Mirza and Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T. and Aswin Suharsono, S.T., M.T (2024) Pengembangan Personalized Learning Environment Berbasis Gim Top Down Menggunakan Metode 4D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-learning mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satu pengembangan dari E-learning tersebut adalah personalized learning environment (PLE). PLE merupakan sebuah konsep dimana peserta didik seharusnya mendapatkan pengajaran sesuai karakteristik masing-masing peserta untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Salah satu pengembangan PLE adalah pengembangan PLE berdasarkan gaya belajar agar peserta didik merasa nyaman dalam belajar. Namun dalam pengembangan PLE tersebut, ada permasalahan dalam pengambilan data, yaitu dalam pengambilan data masih menggunakan metode kuisioner yang dinilai kurang efektif. Permasalahan ini sedang diteliti oleh salah satu dosen pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mengenai sistem PLE, namun dalam penelitiannya terdapat kebutuhan dalam menyediakan lingkungan belajar yang dengan gaya belajar peserta didik. Setelah melakukan diskusi dengan dosen tersebut, disepakati bahwa lingkungan belajar akan dibuat menggunakan basis gim top down. Gim top down merupakan gim dengan perspektif kamera dari langit dan merekam kebawah. Gim top down dipilih karena dalam gim tersebut memungkinkan pengguna dalam melakukan eksplorasi dalam gim tersebut. Dalam gim tersebut akan menyediakan 3 lingkungan belajar berdasarkan 3 gaya belajar, yaitu lingkungan visual, audiotori, dan kinestetik yang bisa dipilih sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Gim ini akan dimainkan pada komputer dan dapat diakses melalui website. Gim ini dikembangkan dengan metode 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, karena keterbatasan waktu, pengembangan ini berhenti pada tahap Develop. Gim top down yang telah dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media. Dengan hal ini gim pembelajaran dinyatakan layak untuk dilanjutkan ke tahap Disseminate/dilanjutkan ke tahap Disseminate dengan perbaikan tertentu.

English Abstract

E-learning has significant developments. One of the developments of E-learning is the Personalized Learning Environment (PLE). PLE is a concept where students should receive teaching according to the characteristics of each student in order to get optimal learning outcomes. One of the developments in PLE is the development of PLE based on learning styles so that students feel comfortable in learning. However, in the development of the PLE, there were problems in data collection that data collection still used the questionnaire method which was considered less effective. This problem is being researched by one of the lecturers at the Faculty of Computer Science, Brawijaya University regarding the PLE system, but in his research there is a need to provide a learning environment that suits students' learning styles. After holding discussions with the lecturer, it was agreed that the learning environment would be created using a top down game basis. A top down game is a game with a camera perspective from the sky and recording downwards. The top down game was chosen because the game allows users to explore around the game. The game will provide 3 learning environments based on 3 learning styles, namely visual, auditory and kinesthetic environments which can be selected according to the student's learning style. The game will be played at a computer and can be accessed via the website. This game was developed using the 4D method which consists of Define, Design, Develop and Disseminate. However, due to time constraints, this development stopped at the Develop stage. Material experts and media experts have stated that the game is valid. Then, the learning game is declared suitable to proceed to the Disseminate stage/suitable to proceed to the Disseminate with certain revision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150137
Uncontrolled Keywords: Personalized Learning Environment, Gaya Belajar, Gim Top Down, Metode 4D-Personalized Learning Environment, Learning Style, Top Down Game, 4D Method
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:25
Last Modified: 23 Feb 2024 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215835
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochammad Mirza Kharisma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item