Berlian Ananda, Reza and Ir. Admaja Dwi Herlambang,, S.Pd., M.Pd and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom (2024) engembangan Isi Sumber Belajar Berbasis Web Berdasarkan Prinsip Personalized Learning Pada Konteks Pengelompokan Gaya Belajar VARK Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar yang bervariasi dengan prinsip personalized learning yang diharapkan dapat memenuhi gaya belajar VARK (visual, audio, read&write, kinestik) pada mata pelajaran Pemrogarman Web serta meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan tes. Pengujian dilakukan dengan uji validasi V-Aiken oleh ahli materi, media, dan respon siswa terhadap kualitas sumber belajar. Hasil dari pengujian ahli materi yang meliputi uji modul ajar, materi ajar, dan instrumen evaluasi mendapatkan rata-rata 0,98 yang artinya sangat valid dan bisa digunakan. Hasil dari uji validasi ahli media mendapatkan rata-rata 0,98 yang artinya media sudah sangat valid untuk digunakan. Hasil dari respon siswa terhadap kualitas media mendapatkan nilai rata-rata 0,70 yang artinya media telah valid untuk digunakan. Pada tahap implemantation, metode yang digunakan oleh peneliti yaitu weak experiment group pretest-posttest design untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotorik. Data dari hasil belajar tersebut dilakukan uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan hasil nilai signifikansi data kognitif sig 0,005 dan psikomotorik sig 0,007. Hasil keduanya didapatkan < 0,05 yang artinya data hasil belajar kelompok tersebut tidak terdistribusi dengan normal. Oleh karena itu untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus Wilcoxon dan memperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 baik dalam hasil belajar kognitif ataupun psikomotorik. Dikarenakan hasil yang didapat adalah < 0,05 maka Ha diterima dan dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kognitif dan psikomotorik, sehingga sumber belajar personalized learning gaya belajar VARK dikatakan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.
English Abstract
This research is motivated by the need for learning resources that can address the diverse learning needs of students, particularly in learning styles. The aim of this study is to develop personalized learning resources intended to accommodate VARK learning styles (visual, audio, read&write, kinesthetic) in the Web Programming subject and improve students' learning outcomes. The development model employed in this research is ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data collection involves interviews, questionnaires, and tests. Validation is carried out using the V-Aiken validation test by subject matter experts, media experts, and student responses to the quality of learning resources. The results of the expert validation, including testing teaching modules, teaching materials, and evaluation instruments, yield an average of 0.98, signifying high validity and usability. Media expert validation results also average 0.98, indicating the media's high validity. Student responses to the media's quality yield an average of 0.70, signifying its validity for use. In the implementation phase, this study employs the weak experimental group pretestpost-test design method to determine the impact of learning resources on student learning outcomes. Student learning outcomes measured are in the cognitive and psychomotor domains. Normality tests using the Kolmogorov-Smirnov formula on the data of cognitive and psychomotor outcomes reveal significance values of sig 0.005 and sig 0.007, respectively. Both results are < 0.05, indicating non-normal distribution. Therefore, hypothesis testing using the Wilcoxon formula yields a significance level of 0.000 for both cognitive and psychomotor learning outcomes. Since the obtained results are < 0.05, Ha is accepted, indicating an improvement in students' cognitive and psychomotor learning outcomes. Therefore, personalized learning resources based on VARK learning styles are deemed effective for implementation in education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052315 |
Uncontrolled Keywords: | personalized learning, VARK, ADDIE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:23 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215827 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reza Berlian Ananda.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |