Suciana, Bhayang Nur and Dr. Ainul Hayat, S.Pd., M.Si. and Andhyka Muttaqin, S.AP., M.PA (2024) Hubungan Konformitas dan Dukungan Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa (Studi di MAN 1 Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022 pasal 6 ayat 2 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa sekolah menengah difokuskan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Konformitas dan dukungan sosial menjadi salah satu kompetensi yang perlu dipahami oleh siswa kelas XII dalam pengambilan keputusan karir. Dalam pengambilan keputusan karir terdapat tiga komponen yang mempengaruhi sikap seseorang. Komponen kognitif mencakup keyakinan seseorang terhadap informasi yang dimiliki. Komponen afektif adalah perasaan yang bersifat emosi yang dimiliki seseorang untuk menyukai sesuatu. Komponen perilaku adalah niat untuk berperilaku secara lebih khusus dalam merespon kejadian dan informasi dari luar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan konformitas dan dukungan sosial terhadap pengambilan keputusan karir siswa. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa hasil uji parsial variabel konformitas berpengaruh positif signifikan sebesar 6,991 dan hasil uji parsial variabel dukungan sosial berpengaruh positif signifikan sebesar 8,633. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah konformitas dan dukungan sosial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan karir siswa.
English Abstract
Government Regulation No. 4 of 2022 article 6 paragraph 2 concerning National Education Standards explains that secondary schools are focused on improving the competence of students so that they can live independently and participate in further education. Conformity and social support are one of the competencies that grade XII students need to understand in career decision making. In career decision making, there are three components that influence a person's attitude. The cognitive component includes a person's belief in the information possessed. The affective component is an emotional feeling that a person has to like something. The behavioral component is the intention to behave more specifically in response to outside events and information. The purpose of this study was to determine and analyze the relationship of conformity and social support to students' career decision making. The results of this study provide the fact that the partial test results of the conformity variable have a significant positive effect of 6,991 and the partial test results of the social support variable have a significant positive effect of 8,633. The conclusion obtained in this study is that conformity and social support affect students' career decision making.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030015 |
Uncontrolled Keywords: | Konformitas, Dukungan Sosial, Pengambilan Keputusan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 06:59 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 06:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215818 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bhayang Nur Suciana.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |