Firdaus, Mevinda Aulia and Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds and Almira Syawli, S.Kom., M.Kom (2024) Analisis dan Perbaikan Design Aplikasi Booking Online (Sipalin Ceria) Berbasis Website Pada RSUD Koesma Tuban Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aplikasi Sipalin Ceria (Sistem Pendaftaran Online Cepat, Ringkas dan Akurat) merupakan aplikasi pendaftaran rawat jalan secara online. Tujuan dari analisa dan perbaikan perancangan aplikasi Sipalin Ceria untuk memahami kebutuhan pengguna, tantangan apa saja yang dihadapi dalam menggunakan layanan aplikasi sehingga aplikasi dapat mudah digunakan dan mempunyai tampilan lebih menarik serta mudah dipahami oleh pengguna. Terdapat beberapa permasalahan setelah dilakukan pengujian dan wawancara terhadap lima responden yaitu pengguna aplikasi SipalinCeria dan pengguna yang baru mulai menggunakan aplikasi booking online (Sipalin Ceria) di RS Koesma Tuban. Permasalahan yang diperoleh dari wawancara terhadap pengguna lama dan pengguna baru antara lain: 1) Halaman dashboard menampilkan riwayat pendaftaran, namun di sisi lain juga terdapat halaman riwayat, dan terdapat tombol riwayat pada halaman atas dashboard. 2) Terdapat logo profil di bawah logo Sipalin Ceria yang tidak berfungsi. 3) Halaman profil memiliki detail profil yang tidak lengkap karena hanya berfungsi untuk mengubah kata sandi. 4) Informasi dan jadwal dokter tersedia namun cara aksesnya berbeda. 5) Tidak ada riwayat antrian berjalan untuk memantau berapa lama pasien akan dilayani. 6) Menu pendaftaran pasien BPJS dan NonBPJS sama dan tidak ada perbedaan sehingga membuat pengguna merasa bingung. Dari permasalahan diatas dapat dilakukan perancangan dan solusi perbaikan dengan menerapkan metode UCD (User Centered Design). Pendekatan UCD mengacu pada konsep yang menempatkan pengguna sebagai pusat dalam pengembangan sistem, dengan orientasi terhadap tujuan, konteks dan lingkungan sistem berdasarkan pengalaman pengguna. Proses wawancara digunakan sebagai alat utama untuk memahami masalah dan kebutuhan pengguna. Wawancara dilakukan dengan mengajukan pertanyaan terstruktur kepada lima responden, yang terdiri dari pengguna yang baru akan menggunakann dan pengguna lama aplikasi Sipalin Ceria. Pertanyaan fokus pada pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi, permasalahan yang dihadapi, dan harapan terhadap perbaikan desain. Pengujian dan pengembangan aplikasi menggunakan usability testing, yang merupakan metode untuk mengevaluasi sejauh mana pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan efektif, efisien, dan kepuasan pengguna. Pengujian dilakukan pada tahap awal dan akhir dengan melibatkan pengguna dalam mencoba fitur-fitur awal dan fitur-fitur baru setelah dilakukan perbaikan.Analisis pengujian akhir yang menghasilkan mock-up high fidelity meliputi: 1) Pada halaman login terdapat tambahan akses login menggunakan email. 2) Pada halaman dashboard dilakukan penghapusan halaman berulang dan penambahan monitoring nomor antrian. 3) Penambahan halaman jadwal dokter pada halaman utama. 4) Pada halaman profil, halaman edit profil ditambahkan. 5.) Membedakan logo pasien BPJS dan NonBPJS. Hasil pengujian aspek efektivitas pada evaluasi desain awal aplikasi SipalinCeria menghasilkan skor sebesar 50%. Evaluasi desain akhir berupa mock-up high-fidelity menghasilkan skor 96%. Pengujian aspek efisiensi evaluasi desain awal aplikasi SipalinCeria menghasilkan nilai sebesar 52,8%. Dalam evaluasi desain mock-up akhir, aspek efisiensi dengan ketelitian tinggi adalah 96,1%. Pada saat pengujian aspek kepuasan pengguna menggunakan kuesioner SUS, evaluasi desain awal memperoleh rata-rata skor SUS sebesar 50. Pada evaluasi akhir high-fidelity mock-up, aspek kepuasan pengguna memperoleh skor rata-rata sebesar 81,5.
English Abstract
The Sipalin Ceria application (Fast, Concise and Accurate Online Registration System) is an online outpatient registration application. The aim of analyzing and improving the design of the Sipalin Ceria application is to understand user needs, what challenges are faced in using application services so that the application can be easy to use and has a more attractive appearance and is easy for users to understand. There were several problems after testing and interviews with five respondents, namely SipalinCeria application users and users who had just started using the online booking application (Sipalin Ceria) at Koesma Tuban Hospital. Problems obtained from interviews with old and new users include: 1) The dashboard page displays registration history, but on the other hand there is also a history page, and there is a history button on the top page of the dashboard. 2) There is a profile logo under the Sipalin Ceria logo that is not working. 3) The profile page has incomplete profile details as it only works to change the password. 4) Information and doctor's schedules are available but the access method is different. 5) There is no history of running queues to monitor how long patients will be served. 6) The BPJS and NonBPJS patient registration menus are the same and there are no differences, making users feel confused. From the problems above, design and improvement solutions can be carried out by applying the UCD (User Centered Design) method. The UCD approach refers to a concept that places the user at the center in system development, with an orientation towards the goals, context and environment of the system based on user experience. The interview process is used as the main tool to understand user problems and needs. Interviews were conducted by asking structured questions to five respondents, consisting of new users and existing users of the Sipalin Ceria application. Questions focus on their experience in using the application, problems encountered, and hopes for design improvements. Application testing and development uses usability testing, which is a method for evaluating the extent to which users can use the application effectively, efficiently and to user satisfaction. Testing is carried out at the initial and final stages by involving users in trying initial features and new features after improvements have been made. The final test analysis that produces a high fidelity mock-up includes: 1) On the login page there is additional login access using email. 2) On the dashboard page, repeating pages are deleted and queue number monitoring is added. 3) Addition of a doctor's schedule page to the main page. 4) On the profile page, a profile edit page is added. 5.) Differentiate between BPJS and NonBPJS patient logos. The results of testing the effectiveness aspect in the initial design evaluation of the SipalinCeria application produced a score of 50%. Evaluation of the final design in the form of a high-fidelity mock-up resulted in a score of 96%. Testing the efficiency aspects of the initial design evaluation of the SipalinCeria application produced a value of 52.8%. In the final mock-up design evaluation, the efficiency aspect with high accuracy was 96.1%. When testing the user satisfaction aspect using the SUS questionnaire, the initial design evaluation obtained an average SUS score of 50. In the final evaluation of the high-fidelity mock-up, the user satisfaction aspect obtained an average score of 81.5.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150132 |
Uncontrolled Keywords: | Sipalin Ceria, booking online, aplikasi, efektivitas, efisieni, kepuasan pengguna.Sipalin Ceria, online booking, application, effectiveness, efficiency, satisfaction. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215813 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mevinda Aulia Firdaus.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |