Ulhaq, Marsya Diya and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI. (2024) Penerapan ISO 9001:2015 Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Akademik Di SMKN 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang mengatur sistem manajemen mutu (Quality Management System) yang digunakan oleh berbagai jenis organisasi, salah satunya yaitu layanan akademik. Penerapan ISO 9001:2015 membantu lembaga pendidikan dalam memastikan bahwa layanan akademik yang mereka berikan memenuhi standar kualitas tertentu. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penerapan ISO 9001:2015 dapat meningkatkan akreditasi dan reputasi lembaga pendidikan. Institusi pendidikan yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dapat dianggap lebih terpercaya dan berkualitas oleh siswa, orang tua, dan pihak-pihak terkait lainnya. SMK Negeri 7 Malang adalah salah satu lembaga pendidikan yang telah mengadopsi standar internasional ISO 9001:2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SMK Negeri 7 Malang pada bagian kurikulum. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini menggunakan SMKN 7 Malang, dengan sampelnya adalah Wakil Manajemen Mutu (WMM), dan Waka kurikulum SMKN 7 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam penerapan ISO 9001:15 ialah menggunakan sistem PDCA. Untuk mendukung penerapan ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SMK Negeri 7 Malang pada bagian kurikulum yaitu semua anggota sekolah, terutama para pemangku kepentingan dan guru, harus memiliki kesadaran dalam mengatasi masalah yang mungkin muncul selama proses pembelajaran sebagai langkah menuju perbaikan yang berkelanjutan.
English Abstract
ISO 9001:2015 is an international standard that regulates quality management systems used by various types of organizations, one of which is academic services. The implementation of ISO 9001:2015 assists educational institutions in ensuring that the academic services they provide meet certain quality standards. This contributes to improving the overall quality of education. The implementation of ISO 9001:2015 can improve the accreditation and reputation of educational institutions. Educational institutions that have obtained ISO 9001:2015 certificates can be considered more trusted and qualified by students, parents and other related parties. SMK Negeri 7 Malang is one of the educational institutions that has adopted the international standard ISO 9001:2015. This study aims to determine the application and implications of ISO 9001: 2015 to improve the quality of academic services at SMK Negeri 7 Malang in the curriculum section. This research uses qualitative research. The population in this study used SMKN 7 Malang, with the sample being the Deputy of Quality Management (WMM), and the Head of Curriculum of SMKN 7 Malang. The results of this study indicate that the method used in the implementation of ISO 9001: 15 is to use the PDCA system. To support the implementation of ISO 9001:2015 to improve the quality of academic services at SMK Negeri 7 Malang in the curriculum section, all school members, especially stakeholders and teachers, must have awareness in overcoming problems that may arise during the learning process as a step towards continuous improvement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150125 |
Uncontrolled Keywords: | ISO 9001:2015, Mutu Layanan Akademik, Penerapan-ISO 9001:2015, Quality of Academic Services, Implementation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215801 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marsya Diya Ulhaq.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |