Analisa Kelayakan Finansial dan Teknis Pada Pembangunan Perumahan Bumi Rajasa di Kota Malang,

Putra, Putu Aditya Hariwangsa (2024) Analisa Kelayakan Finansial dan Teknis Pada Pembangunan Perumahan Bumi Rajasa di Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu investasi atau proyek pembangunan perumahan, perlu dilakukan analisis kelayakan atau disebut juga feasibility study (FS). Analisis kelaikan teknis yang dilakukan pada suatu proyek pembangunan perumahan adalah memeriksa kesesuaian bangunan perumahan dengan peraturan daerah yang ada dan mempermudah masyarakat yang tinggal di perumahan tersebut. Analisis kelayakan finansial ini dilakukan untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan layak atau tidak pada pembangunan perumahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelaikan teknis dan kelayakan finansial pada perumahan, serta memberikan rekomendasi perecanaan yang sesuai dengan peraturan kelaikan teknis apabila masih belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis kelaikan teknis dan kelayakan finansial pada proyek pembangunan perumahan yang berada di Kota Malang yang memiliki luas lahan perencanaan sebesar 1.972 m2 dan berjumlah 21 unit rumah. Metode dalam penelitian adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kelaikan teknis dari bangunan perumahan dalam penelitian ini pada aspek Koefisien Dasar Bangunan, Koefisien Lantai Bangunan, Aksesabilitas Lokasi, Koefisien Dasar Hijau dan Tinggi Lantai Bangunan yang mengacu pada Peraturan Daerah Kota Malang nomor 4 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah Kota Malang tahun 2010-2030. Untuk analisis kelayakan finansial dilakukan berdasarkan aliran kas perusahaan dengan melihat hasil perhitungan dari Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP). Berdasarkan hasil kelaikan teknis, dapat diketahui bahwa hampir seluruh aspek yang dianalisis sudah memenuhi ketentuan, sedangkan untuk hasil analisis kelayakan finansial, proyek pembangunan perumahan di Kota Malang ini telah layak secara finansial ditunjukkan dengan nilai NPV sebesar Rp1.778.469.297 > 0; BCR sebesar 1,198 ≥ 1; dan IRR sebesar 38,75% > 5,65% dari MARR. Dari hasil analisis diperoleh juga nilai payback period adalah pada Bulan ke 18

English Abstract

To determine the success level of an investment or housing development project, it is necessary to conduct a feasibility analysis, also known as a feasibility study (FS). The technical feasibility analysis conducted on a housing development project involves examining the suitability of the housing structures with existing local regulations, aiming to facilitate the residents living in those housing units. The financial feasibility analysis is performed to ascertain whether the investment made in the said housing development is viable or not. The objective of this research is to analyze the technical and financial feasibility of the housing project and provide recommendations for planning that aligns with technical suitability regulations if they do not currently comply with the applicable provisions. This research will conduct a technical feasibility and financial viability analysis on a housing development project located in Malang City, covering a planned land area of 1,972 square meters and consisting of 21 housing units. The research method employed is quantitative descriptive analysis. For the technical feasibility analysis of the housing structures in this study, aspects such as Building Coverage Ratio, Floor Area Ratio, Location Accessibility, Green Area Ratio, and Building Floor Height will be assessed based on the Local Regulation of Malang City number 4 of 2011 concerning the spatial planning of Malang City for the period 2010-2030. The financial feasibility analysis will be conducted based on the company's cash flow, considering calculations derived from Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), and Payback Period (PP). Based on the technical feasibility results, it can be noted that almost all analyzed aspects already comply with the regulations. As for the financial feasibility analysis, the housing development project in Malang City is financially viable, indicated by the NPV value of Rp1,778,469,297 > 0; BCR of 1.198 ≥ 1; and an IRR of 38.75% > 5.65% of the MARR. Additionally, from the analysis, the payback period is determined to be at the 18th month.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523050006
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan, Kelaikan Teknis, Kelayakan Finansial, Perumahan di Kota Malang
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: agung
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:53
Last Modified: 06 Feb 2024 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215789
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putu Aditya Hariwangsa Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item