Analisis Pengelompokan Ulasan Pengguna Menggunakan K-Means Clustering Untuk Evaluasi Aplikasi My SAPK BKN

Maulana, M Ighfar and Bayu Rahayudi, S.T., M.M. and Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom. (2024) Analisis Pengelompokan Ulasan Pengguna Menggunakan K-Means Clustering Untuk Evaluasi Aplikasi My SAPK BKN. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan pemerintahan berkaitan erat dengan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga penting untuk memaksimalkan pengelolaan administrasi kepegawaian. Transformasi digital pada pemerintahan semakin berkembang, tetapi aplikasi My SAPK BKN kerap mendapati ulasan berupa keluhan pengguna pada Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek yang dihasilkan dari pengelompokan ulasan pengguna menggunakan metode K-Means Clustering pada aplikasi Android My SAPK BKN, serta melakukan evaluasi melalui Root Cause Analysis terhadap hasil analisis pengelompokan tersebut. Analisis pengelompokan ulasan pengguna menghasilkan tiga cluster aspek, yaitu data, server, dan autentikasi. Evaluasi yang dilakukan melalui validasi dari tujuh PNS sebagai pengguna, serta rekomendasi dari ahli pengembangan aplikasi, menghasilkan draft evaluasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas aplikasi My SAPK BKN, khususnya dalam menangani masalah data hilang, server eror, dan autentikasi. Rekomendasi melibatkan peningkatan eror handling, testing, integrasi dengan Google Drive API, penggunaan catching, fitur autosave, dan variasi opsi autentikasi. Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan signifikan untuk pengembangan aplikasi pelayanan kepegawaian yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan ASN.

English Abstract

The success of government administration is closely tied to the role of Civil Servants (ASN), and effective management of personnel administration is crucial. Despite the ongoing digital transformation in governance, the My SAPK BKN application faces challenges in frequently getting bad reviews by the users. This research aims to analyze the aspects derived from clustering user reviews using the K-Means Clustering method on the My SAPK BKN Android application. Additionally, it conducts an evaluation through Root Cause Analysis of the clustering results. The clustering of user reviews produces three aspect clusters: data, server, and authentication. Evaluation through validation from seven Civil Servants as users, along with recommendations from an application development expert, produces a draft evaluation that can be considered for enhancing the quality of the My SAPK BKN application, particularly in addressing issues related to data loss, server errors, and authentication. Recommendations involve improving error handling, testing, integration with Google Drive API, utilizing caching, implementing an autosave feature, and providing various authentication options. This evaluation is expected to contribute significantly to the development of a more effective and responsive personnel administration application to meet the needs of Civil Servants.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150121
Uncontrolled Keywords: BKN, K-Means Clustering, My SAPK BKN , Root Cause Analysis, Ulasan-BKN, K-Means Clustering, My SAPK BKN , Root Cause Analysis, Reviews
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:23
Last Modified: 23 Feb 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215769
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M Ighfar Maulana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item