Camalia, Fadila and Prof. Dr. M. Umar Burhan, SE, MS., and Dr. Marlina Ekawaty, SE., M.Si. (2023) Analisis Peran Halal Fashion dalam Pemberdayaan Ekonomi Perempuan (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Wanita di Pasar Sandang, Tegalgubug, Cirebon). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengembangan halal fashion di pasar sandang Tegalgubug Cirebon serta mengetahui seberapa besar peranan usaha halal fashion dalam pemberdayaan ekonomi perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara, dokumentasi dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan interpretasi data dan validasi data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengembangan halal fashion, berkaitan dengan kemandirian, cukup banyak perempuan di Tegalgubug yang menjadi ujung tombak perekonomian keluarga. Definisi Mandiri disini ketika perempuan itu sendiri bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya tanpa bantuan langsung dari suaminya tetapi harus mempunyai prinsip ketika sudah mendapatkan financial freedom, maka harus tetap melibatkan suami. Secara tidak langsung berada di lingkungan pengusaha atau keluarga pengusaha sangat berpengaruh dan ikut mengubah pola serta cara berpikir perempuan Tegalgubug menjadi seorang pelaku usaha wanita. Peran usaha halal fashion dalam pemberdayaan ekonomi perempuan, pada dasarnya memahami bahwa kriteria pakaian islami dan peranannya sangat besar bagi masyarakat itu sendiri. Mengenai kesadaran masyarakat akan produk halal, masyarakat Tegalgubug adalah masyarakat pesantren yang tidak akan lepas dari halal fashion. Berkaitan dengan persaingan di Tegalgubug sangatlah ketat sehingga merusak tatanan harga pasar karena setiap orang berlomba-lomba untuk memberikan harga paling murah.
English Abstract
The objectives of this research are to analyze women’s economic empowerment through the development of halal fashion in Sendang market of Tegalgubug in Cirebon and to measure the role of halal fashion business in the said empowerment. This qualitative research uses case study approach. The data was harvested via interviews, documentations, and observations. The collected data was then interpreted and validated. This study finds that women’s economic empowerment through halal fashion development is related with independency. There are many women in Tegalgubug who serve as their family’s breadwinners. Independence here is defined as the women’s ability to fulfill the needs of their family without receiving direct help from their husband. However, when they reach financial freedom, the must involve their husband. Being in environments surrounded by entrepreneurs or being the family members of entrepreneurs indirectly influence their mindset of becoming entrepreneurs. The roles of halal fashion in women’s economic empowerment are basically understanding that the criteria of Islamic clothing and their roles is very beneficial for the community itself. Regarding the community’s awareness of halal products, people of Tegalgubug are pesantren community who will not be detached from halal fashion. Furthermore, competition in Tegalgubug is extremely fierce that it disrupts the market price order since all people are competing to give the lower prices.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042302 |
Uncontrolled Keywords: | Halal Fashion, Pemberdayaan Ekonomi, Perempuan, economic empowerment, women |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 05:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 05:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215765 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
TESIS_FEB_CAMALIA_196020100111029 - Camalia Fadila.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |