Eksplorasi Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital Dalam Aspek Digital Ethics dan Digital Safety di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Ausyizhafira, Khansa and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Aswin Suharsono, S.T., M.T (2024) Eksplorasi Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital Dalam Aspek Digital Ethics dan Digital Safety di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Literasi digital adalah keterampilan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk, yang berasal dari berbagai sumber digital yang luas, dan diakses melalui perangkat komputer secara efektif dan efisien. Literasi digital merupakan keterampilan kunci dalam era digital ini, yang mencakup kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan informasi dari berbagai sumber digital yang sangat beragam. Dengan literasi digital, seseorang dapat memahami tidak hanya substansi informasi yang ditemukan, tetapi juga mampu mengelola, mengevaluasi, dan menyampaikan informasi tersebut dengan bijak. Kemampuan ini menjadi semakin penting di tengah arus informasi yang terus berkembang, sehingga individu dapat menjadi pengguna yang cerdas dan tanggap terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai literasi digital terhadap dua dari empat aspek yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yaitu digital ethics dan digital safety. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi kepada 10 orang informan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil temuan berupa 4 tema dan 11 kategori yang menunjukkan pengetahuan mahasiswa sudah cukup baik terhadap literasi digital dalam aspek digital ethics dan digital safety. Seluruh mahasiswa dapat mendefinisikan kedua aspek tersebut, walaupun beberapa dari mereka belum bisa menjelaskan secara lengkap definisi tersebut seperti beberapa mahasiswa yang lain. Seluruh mahasiswa setuju akan pentingnya memiliki kemampuan digital ethics dan digital safety dalam menggunakan media sosial. Dengan alasan mencegah terjadinya kejahatan digital, melindungi data dan informasi pribadi, menimbulkan lingkungan digital yang baik, dan tidak melanggar aturan media sosial.

English Abstract

Digital literacy is the skill to understand and use information in various forms, originating from a wide variety of digital sources, and accessed via computer devices effectively and efficiently. Digital literacy is a key skill in this digital era, which includes the ability to understand and apply information from a wide variety of digital sources. With digital literacy, a person can understand not only the substance of the information found, but also be able to manage, evaluate and convey this information wisely. This ability becomes increasingly important amidst the ever-growing flow of information, so that individuals can become intelligent users and be responsive to technological developments. This research was conducted to determine students' perspectives regarding digital literacy regarding two of the four aspects initiated by the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, namely digital ethics and digital safety. This research uses descriptive qualitative research methods. Data collection was carried out through interviews and documentation with 10 informants at the Faculty of Computer Science, Brawijaya University. The results of this research found findings in the form of 4 themes and 11 categories which show that students' knowledge of digital literacy is quite good in the aspects of digital ethics and digital safety. All students can define these two aspects, although some of them cannot fully explain the definition like some other students. All students agree on the importance of having digital ethics and digital safety skills in using social media. For the reasons of preventing digital crime, protecting personal data and information, creating a good digital environment, and not violating social media rules.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150117
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Digital Ethics, Digital Safety, Mahasiswa-Digital Literacy, Digital Ethics, Digital Safety, Students
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:23
Last Modified: 23 Feb 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215742
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khansa Ausyizhafira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item