Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality), Kepercayaan Elektronik (E-Trust) dan Pengaruh Sosial (Social Influence) terhadap Niat untuk menggunakan kembali (Intention to reuse) BRImo melalui mediasi Perilaku Pengguna (User Behavior) (Studi pada nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero))

SAKTI SEMBIRING, OKTAWAN and Dr. Dra. Kusuma Ratnawati, MM and Sri Palupi Prabandari, SE., MM., Ph.D (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality), Kepercayaan Elektronik (E-Trust) dan Pengaruh Sosial (Social Influence) terhadap Niat untuk menggunakan kembali (Intention to reuse) BRImo melalui mediasi Perilaku Pengguna (User Behavior) (Studi pada nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 memberikan dampak terhadap kehidupan manusia dimana perkembangan teknologi memberi kemudahan dan teknologi menjadi bagian dari manusia itu sendiri. Salah satu sektor yang mengalami transformasi adalah industri perbankan dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang mempengaruhi intention to reuse oleh nasabah yang menggunakan layanan perbankan melalui ponsel sebagai salah satu metode utama melakukan transaksi (mobile banking). Penelitian ini menggunakan kualitas layanan elektronik (electronic service quality), kepercayaan elektronik (electronic trust) dan pengaruh sosial (social influence) sebagai variabel independen yang berpengaruh terhadap intention to reuse atau minat pembelian kembali dan user behavior sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research jenis Non Probability Sample dengan pendekatan "purposive sampling" sebagai strategi pengambilan sampel. Responden pada penelitian ini merupakan nasabah di BRI Kantor Cabang Kaliasin yang telah bertransaksi minimal 2 kali sebulan menggunakan aplikasi BRImo dengan jumlah sampel sebanyak 193 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data di analisis menggunakan SEM-PLS. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan elektronik (electronic service quality), kepercayaan elektronik (electronic trust) dan pengaruh sosial (social influence) berpengaruh signifikan terhadap intention to reuse. User behavior juga berperan dalam memediasi hubungan antara kualitas layanan elektronik (electronic service quality), kepercayaan elektronik (electronic trust) dan pengaruh sosial (social influence) terhadap intention to reuse.

English Abstract

1. The Fourth Industrial Revolution and the Society 5.0 have affected human’s life. Technological development provides ease, and the technology has become a part of humans. One of the transforming sector is banking and finance. The objective of this research is to investigate factors that influence customers’ intention to reuse banking transaction services provided via cellular phones, i.e., mobile banking. 2. This explanatory research employs electronic service quality, electronic trust, and social influence as the independent variables, which affect intention to reuse as the dependent variable and user behavior as the mediating variable. Incorporating non-probability method and purposive sampling technique, 193 customers of BRI in the branch office of Kaliasin who have made at least two transactions using BRImo in a month were selected as the respondents. The data was harvested from questionnaires and was analyzed using SEM-PLS. 3. This study finds that electronic service quality, electronic trust, and social influence significantly affect the intention to reuse and that user behavior mediates the effects of electronic service quality, electronic trust, and social influence on the intention to reuse

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042302
Uncontrolled Keywords: e-service quality, e-trust, social influence, User behavior, Intention to reuse.
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:23
Last Modified: 06 Feb 2024 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215741
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Oktawan Sakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item