Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Tingkat Perguruan Tinggi

Waworuntu, Kenneth Clinton and Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Tingkat Perguruan Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam pembangunan negara dan pemanfaatan teknologi informasi serta komunikasi menjadi krusial. STIE Eben Haezar Manado memanfaatkan sistem informasi Edufecta untuk meningkatkan efisiensi pendidikan. Pihak stakeholder telah menganggap implementasinya sudah sukses tetapi mahasiswa sebagai pengguna langsung masih menghadapi beberapa permasalahan dan merasa belum sepenuhnya puas dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktorfaktor seperti kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem informasi Edufecta di STIE Eben Haezar Manado. Pengujian instrumen penelitian dilakukan sebelum pengumpulan data. Pengujian validitas dan realibilitas secara statistik dengan menggunakan pengujian Pearson Product Moment dan menghitung koefisien Cronbach’s Alpha. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner survei secara online selama 16 hari dengan total responden sebanyak 109. Generalized Linear Model (GLM) digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian yang dilakukan tentang sistem informasi Edufecta di STIE Eben Haezar Manado, hanya faktor kualitas informasi dengan nilai p-value sebesar 1,08 x 10-7 dan kualitas layanan dengan nilai p-value sebesar 6,80 x 10-5 yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Information quality dan service quality lebih diutamakan oleh mahasiswa sedangkan faktor system quality tidak berpengaruh dikarenakan terjadinya normalisasi oleh mahasiswa ketika sistem terkadang mengalami gangguan. Kepuasan pengguna dapat ditingkatkan melalui pemberian kualitas informasi yang lengkap, mudah dipahami, ditampilkan dengan jelas, akurat, dan relevan kepada mahasiswa. Selain itu, ketersediaan layanan yang dapat diandalkan, responsif dan terjamin aman dalam menangani kebutuhan atau masalah pengguna dinilai memiliki pengaruh terhadap peningkatan kepuasan pengguna. Sehingga, kepuasan pengguna dapat ditingkatkan dengan meningkatkan information quality dan service quality dari sistem informasi manajemen pendidikan yang digunakan oleh mahasiswa.

English Abstract

Education plays a significant part in the growth of the country and the use of information and communication technologies is crucial. The STIE Eben Haezar Manado utilize the Edufecta information system to boost instructional efficiency. Stakeholders have judged the deployment to be successfull, but students as direct users still confront various challenges and feel not satisfied with using the information system. This research intends to find out whether characteristics such as system quality, information quality, and service quality influence user satisfaction in utilizing the Edufecta information system at STIE Eben Haezar Manado. Research instrument testing was carried out before data collection. Statistical validity and reliability testing utilizing the Pearson Product Moment test and computing the Cronbach's Alpha coefficient. Data was acquired by the dissemination of survey questionnaires online for 16 days with a total of 109 respondents. Generalized Linear Model (GLM) was used to examine the data. Based on the results of data analysis in research conducted on the Edufecta information system at STIE Eben Haezar Manado, only the information quality factor with a p-value of 1.08 x 107 and service quality with a p-value of 6.80 x 105 has an influence on user satisfaction. Information quality and service quality are valued by students, while the system quality component has little influence due to normalization by students when the system sometimes has errors. User satisfaction can be raised by offering quality information that is thorough, easy to grasp, shown clearly, accurate and relevant to pupils. In addition, the provision of services that are trustworthy, quick and guaranteed safe in resolving user wants or difficulties is regarded to have an influence on boosting user satisfaction. Thus, user satisfaction can be raised by enhancing the information quality and service quality of the education management information system utilized by students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150115
Uncontrolled Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, DeLone and McLean IS Success Model, Generalized Linear Model-system quality, information quality, service quality, user satisfaction, DeLone and McLean IS Success Model, Generalized Linear Model
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:57
Last Modified: 22 Feb 2024 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215736
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kenneth Clinton Waworuntu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item