Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Berbasis Website Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dengan Metode Metode Human Centered Design, Heuristic Evaluation, dan System Usability Scale.

Saputra, Imra Wana and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds and Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom (2024) Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Berbasis Website Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dengan Metode Metode Human Centered Design, Heuristic Evaluation, dan System Usability Scale. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada perancangan antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi berbasis website Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dengan menerapkan metode Human Centered Design (HCD). Proses pengumpulan data melibatkan tahapan analisis dokumen buku panduan pelaksanaan PLP, wawancara dengan pemangku kepentingan, seperti kepala program studi Pendidikan Teknologi Informasi, koordinator PLP, dosen pembimbing, dan guru pamong, serta Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan enam peserta PLP. Melalui tahapan analisis konteks penggunaan, peneliti mengidentifikasi stakeholder, user, tugas, serta lingkungan sistem. Tahap analisis kebutuhan pengguna dilakukan oleh peneliti untuk membuka wawasan terhadap permasalahan dan kebutuhan yang menjadi dasar pengembangan desain solusi. Rancangan desain solusi ini kemudian dievaluasi melalui evaluasi heuristik oleh para evaluator ahli dan menghasilkan 13 temuan permasalahan. Hasil evaluasi yang telah dilakukan kemudian dijadikan acuan untuk merumuskan saran perbaikan dan pedoman pengembangan yang lebih optimal. Hasil perbaikan yang telah dilakukan selanjutnya diuji melalui pengujian System Usability Scale (SUS) kepada calon pengguna dan menghasilkan skor rata-rata kepuasan pengguna sebesar 74, dikategorikan sebagai Grade Scale C atau "Good" dalam Adjective Ratings, dan berada pada tingkat "Acceptable" dalam Acceptability Ranges. Penelitian ini menunjukkan keberhasilan perbaikan desain dalam meningkatkan pengalaman pengguna, memberikan tingkat kepuasan yang dapat diterima, serta memberikan kontribusi positif pada pengembangan aplikasi PLP yang ramah pengguna dalam konteks pengenalan lapangan persekolahan.

English Abstract

This research is focused on designing the interface and user experience of a web-based School Field Introduction (PLP) application, employing the Human Centered Design (HCD) methodology. The data collection process involves the analysis of PLP implementation handbook documents, interviews with stakeholders such as the head of the Information Technology Education program, PLP coordinator, supervising lecturers, and mentoring teachers, as well as a Focus Group Discussion (FGD) with six PLP participants. Through the stages of usage context analysis, the researcher identifies stakeholders, users, tasks, and the system environment.The user needs analysis stage, conducted by the researcher, aims to gain insights into the issues and requirements that form the basis for developing design solutions. The proposed design solutions are then evaluated through heuristic evaluations conducted by expert evaluators, resulting in the identification of 13 issues. The evaluation results serve as a reference for formulating improvement recommendations and optimal development guidelines. The improved design is subsequently tested through the System Usability Scale (SUS) with potential users, yielding an average user satisfaction score of 74, categorized as Grade Scale C or "Good" in Adjective Ratings, and falls within the "Acceptable" range in Acceptability Ranges. This research demonstrates the success of design improvements in enhancing user experience, providing an acceptable level of satisfaction, and making a positive contribution to the development of a user-friendly PLP application in the context of school field introduction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150104
Uncontrolled Keywords: Human-Centered design, perancangan antarmuka, pengenalan lapangan persekolahan, evaluasi heuristik, dan system usability scale-Human-Centered Design, interface design, field school recognition, heuristic evaluation, and System Usability Scale(s).
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:44
Last Modified: 22 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215713
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Imra Wana Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item