Perancangan Interaksi untuk Talent Management System di Sub Unit Human Capital Communication & Employer Branding PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Menggunakan Goal-Directed Design

Fransisca S, Imelda and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. (2024) Perancangan Interaksi untuk Talent Management System di Sub Unit Human Capital Communication & Employer Branding PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Menggunakan Goal-Directed Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin meningkat saat ini mewajibkan setiap perusahaan memiliki kemampuan dalam merekrut karyawan berkompetensi tinggi. Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, Telkom telah berkomitmen untuk menjaga daya saing perusahaan melalui pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, salah satunya dengan mengadakan program branding untuk calon kandidat. Program ini disiapkan oleh Human Capital Communication & Employer Branding (HCCOM). Pada perjalanannya, HCCOM memiliki dashboard branding perusahaan bernama Talent Management System (TMS) pada tahun 2022, yang berfungsi untuk mengelola data peserta, program, dan mitra. TMS digunakan oleh stakeholder yang sekaligus sebagai pengguna sistem. Namun, sistem tersebut belum memfasilitasi HCCOM dalam melakukan pengumpulan, pelacakan, dan penampilan data secara efektif dan efisien sehingga sudah dihentikan penggunaanya sejak bulan Desember 2022. Pengelolaan data secara manual saat ini memunculkan beberapa permasalahan yang menghambat proses pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan pengguna dalam pengelolaan data terhadap permasalahan yang ada, mengetahui hasil dan karakteristik dari perancangan interaksi TMS dengan pendekatan Goal-Directed Design (GDD), dan mengukur tingkat efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna pada perancangan interaksi TMS yang diusulkan. Metode GDD yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari penggalian data pengguna, pemodelan alur kerja, pendefinisian kebutuhan, membuat kerangka desain, dan prototipe berfidelitas tinggi. Evaluasi terhadap rancangan desain yang diusulkan dilakukan kepada pengguna menggunakan metode usability testing, System Usability Scale (SUS), dan Single Ease Question (SEQ). Hasil pengujian berupa masukan fungsional dari pengguna dan memperoleh skor aspek efektivitas sebesar 97,77%, aspek efisiensi sebesar 90,15%, dan aspek kepuasan dengan adjektif excellent berdasarkan survei SUS dan memperoleh nilai rata-rata 6,86 berdasarkan survei SEQ. Setelah pengujian sistem, dilakukan iterasi desain untuk memperbaiki desain solusi sesuai dengan masukan pengguna.

English Abstract

The increasing level of competition among companies necessitates each company to have the capability to recruit highly competent employees. As one of the leading companies in Indonesia, Telkom has committed to maintaining the competitiveness of the company through effective human resources management, including organizing branding programs for potential candidates. This program is administered by the Human Capital Communication & Employer Branding (HCCOM) unit. Along its journey, HCCOM introduced a company branding dashboard called the Talent Management System (TMS) in 2022, designed to manage participant data, programs, and partnerships. TMS is utilized by stakeholders who also serve as system users. However, the system did not effectively facilitate HCCOM in collecting, tracking, and presenting data, leading to its discontinuation in December 2022. The current manual data management has resulted in several issues hindering the decision-making process. The objective of this research is to identify user needs in data management concerning existing issues, understand the outcomes and characteristics of the TMS interaction design using the Goal-Directed Design (GDD) approach, and measure the effectiveness, efficiency, and user satisfaction levels of the proposed TMS interaction design. The GDD method employed in this research includes user data exploration, workflow modeling, requirement definition, design framework creation, and high-fidelity prototype development. The evaluation of the proposed design was conducted with users using usability testing, the System Usability Scale (SUS), and the Single Ease Question (SEQ). The test results yielded functional feedback from users and obtained effectiveness scores of 97.77%, efficiency scores of 90.15%, and satisfaction scores characterized as excellent based on the SUS survey, with an average score of 6.86 based on the SEQ survey. After system testing, design iterations were performed to refine the design solutions according to user feedback.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150103
Uncontrolled Keywords: Goal-Directed Design, Human Capital Communication & Employer Branding, Perancangan Interaksi, Talent Management System, Usability Testing-Goal-Directed Design, Human Capital Communication & Employer Branding, Interaction Design, Talent Management System, Usability Testing
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:44
Last Modified: 22 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215697
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Imelda Fransisca S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item