Sarborn, Ibrahim Sambata and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom and Djoko Pramono, S.T (2024) Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Manajemen Transaksi Bank Sampah RW 05 Dinoyo Berbasis Android (Studi Kasus: Bank Sampah Delima). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bank sampah hadir dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat dalam mengelolah sampah disekitarnya. Sama halnya dengan Bank Sampah Delima yang merupakan bank sampah bertempat di RW. O5 Dinoyo. Bank Sampah Delima menawarkan pelayanan kepada masyarakat untuk menukarkan sampah milik mereka menjadi barang berguna dan lebih bernilai ekonomis seperti sembako. Bank sampah akan menerima sampah yang disetor oleh masyarakat kemudian dikonversi dalam satuan poin dan setiap akumulasi poin dari nasabah dapat ditukarkan menjadi barang yang lebih bernilai. Masyarakat yang hendak mendaftarkan dirinya menjadi nasabah bank sampah diharuskan untuk datang secara langsung ke lokasi untuk mengisi data diri mereka sebelum dicatat oleh petugas ke data bank sampah. Akan tetapi beberapa proses pelayanan yang dimiliki oleh Bank Sampah Delima mendapatkan keluhan dari nasabah. Misalnya proses transaksi yang mewajibkan nasabah untuk selalu membawa buku tabungan baik itu saat melakukan penyetoran sampah maupun penukaran poin. Hal ini menjadi kendala bagi nasabah khususnya pada kasus dimana buku tabungan mengalami kecacatan atau kerusakan fisik bahkan sampai terhilang. lnformasi jumlah saldo dan riwayat transaksi juga memerlukan untuk membaca buku tabungan jika ingin mengetahuinya yang tidak dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi manajemen transaksi untuk mempermudah proses penyetoran sampah, penukaran poin, dan bahkan registrasi nasabah baru. Aplikasi manajemen transaksi yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dan menghasilkan artefak berupa aplikasi perangkat bergerak dan dokumen identifkasi kebutuhan pengguna yang teridiri dari 3 aktor, 8 use case aplikasi Android dan 4 use case aplikasi web serta menghasilkan model perancangan sistem yang terdiri dari 8 activity diagram, 8 sequence diagram, 3 class diagram, dan 16 gambar rancangan antarmuka. Pengujian validitas pada aplikasi menghasilkan status yang valid untuk setiap fitur yang disediakan serta menghasilkan skor 85,3 untuk pengujian kebergunaan (usability) dan skor 87% untuk pengujian UAT yang berarti aplikasi memiliki respon positif baik itu terhadap kebergunaan dan kemudahan saat dipakai dan penerimaan pengguna saat diimplementasikan.
English Abstract
The waste bank created with the aim of raising collective awareness in the civilian in terms of managing the waste in the environment. Likewise, with the Delima Waste Bank which is a waste bank located in the RW. 05 Dinoyo. The Delima Waste Bank offers services to the civilian to exchange their waste for useful and more economically valuable goods such as foods or any other necessities. The waste bank will accept waste deposited by the civilian and then calculate it into points system and each accumulated point from customers can be exchanged for more valuable goods. People who wish to register themselves as waste bank customers are required to come directly to the location to fill in their personal data before being recorded by the staff in the waste bank data. However, several service processes owned by the Delima Waste Bank have received complaints from customers. For example, the transaction process requires customers to always carry a savings book, whether when making a waste deposit or exchanging points. This becomes a pain for customers, especially in cases where the savings book is physically damaged or even lost. Information on balance amounts and transaction history also requires some reading on the savings book by customer which cannot be done anywhere and at any time. To overcome this problem, a transaction management application is needed to simplify the process of depositing waste, exchanging points, and even registering new customers. The transaction management application developed in this research uses the waterfall method and produces artifacts in the form of mobile applications and user requirements identification documents consisting of 3 actors, 8 Android application use cases and 4 web application use cases and produces a system design model consisting of 8 activity diagrams, 8 sequence diagrams, 3c/ass diagrams, and 16 user interface designs. Functionality testing on the application produces a valid status for each feature provided and produces a score of 85.3 for usability testing and a score of 87% for UAT testing, which means the application has a positive response to both usability and ease of use and user acceptance when implemented
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150098 |
Uncontrolled Keywords: | bank sampah, manajemen transaksi, aplikasi perangkat bergerak, Android, buku tabungan, pengujian fungsional, pengujian kebergunaan, pengujian UAT-waste bank, transaction management, mobile device application, Android, savings book, functional testing, usability testing, UATtesting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215686 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ibrahim Sambata Sarborn.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |