Parawita, Salsabillah and Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE.,M.Si (2023) Tingkat Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Shopee Paylate di Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku konsumtif adalah suatu tindakan atau perilaku membeli serta menggunakan barang maupun jasa secara berlebihan tanpa pertimbangan yang matang dengan tujuan hanya untuk memenuhi keinginan pribadi semata dan bukan lagi atas tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang dijadikan pemenuhan gaya hidup untuk bisa tampil mewah. Perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa tejadi dikarenakan adanya individu ingin teerlihat berbeda, mengikuti tren yang ada dan cenderung tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki. Shopee Paylater merupakan salah satu layanan yang diberikan Shopee berupa pinjaman bagi penggunanya. Pengguna layanan ini sangat digemari oleh gen Z yang berumur 17- 25 tahun. Pada tahun ini, individu yang berumur 17-25 tahun merupakan kategori mahasiswa. Mengacu pada pengertian perilaku konsumtif, dan fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang tingkat perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis lebih dalam tingkat perilaku konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater di Jakarta. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan statistic deskriptis, tabel frekuensi, dan tabel silang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan wawancara. Landasan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep perilaku konsumtif miliki Sumartono (2002). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat perilaku konsumtif mahasisa pengguna Shopee Paylater di Jakarta masuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase 86 persen. Berarti mahasiswa pengguna Shopee Paylater di Jakarta memiliki tingkat perilaku konsumtif saat menggunakan Shopee Paylater
English Abstract
Consumptive behavior is an excessive act of buying and using goods or services without careful consideration, solely to fulfill personal desires rather than basic needs, often as a means of showcasing a luxurious lifestyle. Among students, consumptive behavior occurs because individuals want to appear different, follow current trends, and tend to be never satisfied with what they already possess. Shopee Paylater is one of Shopee's services that provides loans to its users. This service is highly favored by Generation Z individuals aged 17-25. In the current context, individuals aged 17-25 fall into the student category. Given the understanding of consumptive behavior and this phenomenon, the researcher is interested in studying the level of consumptive behavior among student users of Shopee Paylater in Jakarta. The aim of this research is to analyze the level of consumptive behavior among student users of Shopee Paylater in Jakarta more deeply. The research method used is quantitative research with descriptive statistics, frequency tables, and cross-tabulation. Data collection techniques include questionnaires and interviews. The conceptual framework used in this research is Sumartono's concept of consumptive behavior (2002). The results of this study indicate that the level of consumptive behavior among student users of Shopee Paylater in Jakarta falls into the high category, with a percentage of 86 percent. This means that student users of Shopee Paylater in Jakarta exhibit a high level of consumptive behavior when using Shopee Paylater
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052311 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku konsumtif, Mahasiswa, Pengguna Shopee Paylater, Consumptive Behavior, Students, Shopee Paylater Users. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:46 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215675 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salsabillah Parawita.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |