Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak dalam Aktivitas Belajar dari Rumah selama Pandemi Covid-19

Elvarida, Putri and Sri Handayani, S.Pd., M.I.Kom (2023) Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak dalam Aktivitas Belajar dari Rumah selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi yang dilakukan orang tua dengan anak dalam aktivitas belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Kegiatan belajar yang semula didampingi oleh guru, kini beralih kepada orang tua. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan baru bagi semua pihak, baik siswa, guru maupun orang tua siswa agar proses kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi dapat berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi orang tua dengan anak dalam aktivitas belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam kepada informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dan anaknya pada saat pembelajaran di rumah. Skema conversation dan conformity orientation dinilai tinggi dalam hasil penelitian ini. Ibu memiliki peranan yang dominan dibandingkan Ayah. Pola komunikasi penelitian ini hanya menemukan dua kesesuaian dalam pola komunikasi, yaitu pola konsensual dan pola pluralistik. Pemahaman orang tua atas pentingnya pola komunikasi dan pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan anak sangat mempengaruhi hasil penelitian ini. Maka selain pola komunikasi, karakteristik keluarga dan orang tua menjadi salah satu yang sangat penting yang dapat mengantarkan anak dalam menjalani kegiatan belajar mengajar secara daring di masa Pandemi Covid 2019.

English Abstract

This research discusses the patterns of communication between parents and children in learning activities from home during the Covid-19 pandemic. Learning activities that were originally accompanied by teachers, are now shifting to parents. This is of course a new challenge for all parties, both students, teachers and parents of students so that the process of teaching and learning activities in the midst of a pandemic can run well. The purpose of this study was to determine the communication patterns of parents and children in learning activities from home during the co-19 pandemic. This research uses a descriptive qualitative research type. Primary data was obtained through in-depth interviews with selected informants using purposive sampling technique. The results of this study are to determine the communication patterns used by parents and their children when learning at home. Conversation scheme and conformity orientation are rated high in the results of this study. Mother has a dominant role compared to father. Communication patterns in this study only found two compatibility patterns in communication, namely consensual patterns and pluralistic patterns. Parents' understanding of the importance of communication patterns and knowledge about children's growth and development greatly influences the results of this study. So in addition to communication patterns, the characteristics of family and parents are very important which can lead children to carrying out online teaching and learning activities during the 2019 Covid Pandemic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Pembelajaran Daring, Pandemi, Communication Patterns, Online Learning, Parents, Child
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:09
Last Modified: 05 Feb 2024 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215668
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PUTRI ELVARIDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item