Harjanto, Hijja Safata Putri and Ir. Yusi Tyroni Mursityo,, S.Kom., M.AB. and Ir. Retno Indah Rokhmawati,, S.Pd., M.Pd. (2024) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online melalui Live Shopping (Studi Kasus : Shopee Live). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada tahun 2030 diperkirakan transaksi ekonomi digital akan meningkat delapan kali lipat lebih besar dari periode sebelumnya dan didominasi oleh sektor e-commerce. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus dapat beradaptasi dengan memanfaatkan tren-tren teknologi sebagai media pemasaran. Salah satu tren teknologi e-commerce saat ini yaitu live shopping yang telah merubah perilaku konsumen dalam berbelanja online. Salah satu e-commerce yang telah mengadopsi live shopping adalah platform Shopee dengan istilah Shopee Live. Dengan adanya fitur Shopee Live, menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen dan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk menggunakan e-commerce dalam memenuhi kebutuhannya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui Shopee Live dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling dan mendapatkan 223 responden. Dalam penelitian ini, menggunakan tool SPSS versi 26 untuk melakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 3 hipotesis dari 5 hipotesis yang dapat diterima yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui Shopee Live, dibuktikan dengan nilai signifikan < 0,05 dan F hitung > F tabel. Selanjutnya faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui Shopee Live, dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel. Terakhir yaitu faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui Shopee Live dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil uji Adjusted R Square menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh sebesar 31% dan sisanya dipengaruhi oleh model penelitian lainnya. Pada penelitian ini, faktor psikologis berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online melalui Shopee Live dengan nilai koefisien regresi tertinggi yaitu 0,399.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150095 |
Uncontrolled Keywords: | kebudayaan, sosial, pribadi, psikologis, keputusan pembelian-cultural, social, personal, psychological, purchase decisions. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215634 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
HIJJA SAFATA PUTRI HARJANTO.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |