Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online

Azlya, Hasna and Aryo Pinandito,, S.T., M.MT., Ph.D and Dwi Cahya Astriya Nugraha,, S.Kom., M.Kom (2024) Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Transportasi Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan transportasi online di Indonesia mengalami pertumbuhan secara signifikan setiap tahunnya. Salah satunya Maxim yang popularitasnya semakin meningkat karena tarifnya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Rentang usia 17-24 tahun memiliki frekuensi yang lebih besar dalam menggunakan transportasi online dan mahasiswa merupakan salah satu kategori yang termasuk dalam rentang usia tersebut. Mahasiswa Universitas Brawijaya dipilih menjadi subjek penelitian karena Universitas Brawijaya memiliki jumlah mahasiswa kedua terbanyak di Indonesia. Kepuasan pengguna menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap penyedia layanan, karena menjadi salah satu indikator keberhasilan dari sebuah sistem atau produk. Namun faktanya, beberapa permasalahan muncul dari mahasiswa Universitas Brawijaya saat menggunakan aplikasi Maxim terkait ketidakjelasan informasi, titik lokasi yang kurang akurat, tampilan aplikasi yang membingungkan, penggunaan beberapa fitur yang menyulitkan, dan lokasi yang tidak up to date. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aspek content (konten atau informasi), accuracy (tingkat akurasi), format (tampilan), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu) terhadap kepuasan pengguna aplikasi transportasi online. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada mahasiswa Universitas Brawijaya dan berhasil mendapatkan 98 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Generalized Linear Model (GLM) dengan menggunakan tools R Studio. Berdasarkan hasil analisis data, semua hipotesis yaitu lima dari lima hipotesis dapat diterima yang membuktikan bahwa masing-masing variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi transportasi online.

English Abstract

The usage of online transportation in Indonesia has grown significantly every year. One of them is Maxim, which has gained popularity because of the more affordable rates compared to its competitors. The age range of 17-24 years old has a higher frequency in using online transportation and university students are one of the categories within this age range. Brawijaya University students were chosen as research subjects because Brawijaya University has the second largest number of students in Indonesia. User satisfaction is one of the important things that must be considered by every service provider, because it is one of the success indicators of a system or product. But in fact, several problems occurred from Brawijaya University students when using the Maxim application related to unclear information, inaccurate location points, confusing application interfaces, the use of several features that make it difficult, and locations that are not up to date. This study aims to determine the influence of aspects content, accuracy, format, ease of use, and timeliness on the user satisfaction of the Maxim application. The research was quantitative where data collection was conducted by distributing questionnaires with purposive sampling technique to Brawijaya University students and successfully got 98 respondents. The data analysis technique used is Generalized Linear Model (GLM) using R Studio tools. Based on the results of data analysis, all hypotheses, that is five out of five hypotheses can be accepted which proves that each variable content, accuracy, format, ease of use, and timeliness has an influence on university student satisfaction in using online transportation applications.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150092
Uncontrolled Keywords: aplikasi transportasi online, content, accuracy, format, ease of use, timeliness, kepuasan pengguna-online transportation application, content, accuracy, format, ease of use, timeliness, user satisfaction.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:41
Last Modified: 21 Feb 2024 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215628
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasna Azlya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item