Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi

Zudiah, Hasna Aulia Rahma and Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom. (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan internet telah merubah cara masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal berbelanja. Fenomena e-commerce, atau perdagangan elektronik, mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada Tokopedia, yang merupakan salah satu platform e-commerce di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan (intention to use) pada aplikasi Tokopedia dengan menggunakan pendekatan Technology Accetance Model (TAM) termodifikasi. Variabel penelitian mencakup Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Computer Self Efficacy dan Trust, dengan intention to use sebagai variabel terikat. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 responden yang dipilih melalui penyebaran kuesioner dengan metode non-probability sampling dengan penerapan quota sampling. Kelompok mahasiswa, sebagai populasi penelitian dibagi menjadi lima kategori institusi pendidikan tinggi. Data yang terkumpul dari mahasiswa di Kota Malang kemudian diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Temuan dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Perceived Ease of Use, Computer Self Efficacy, dan Trust memiliki pengaruh terhadap intention to use, sementara Perceived Usefulness tidak memberikan pengaruh terhadap intention to use. Secara keseluruhan, kombinasi variabel-variabel tersebut bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 37,4% terhadap intention to use.

English Abstract

The development of digital technology and the internet has transformed the way people lead their daily lives, including shopping. The phenomenon of ecommerce, or electronic commerce, has experienced significant growth in Indonesia. This research is focused on Tokopedia, which is one of the e-commerce platforms in Indonesia. The aim of this study is to analyze the factors influencing the intention to use the Tokopedia application using a modified Technology Acceptance Model (TAM) approach. The variables in this study include perceived usefulness, perceived ease of use, computer self-efficacy, and trust, with intention to use as the dependent variable. This study involves a total of 150 respondents selected through the distribution of questionnaires using non-probability sampling with quota sampling, where the student population is divided into five categories of higher education institutions. Data collected from students in Malang City were then processed using multiple linear regression analysis. Findings from the multiple linear regression analysis indicate that the variables Perceived Ease of Use, Computer Self Efficacy, and Trust have an impact on intention to use, while Perceived Usefulness does not influence intention to use. Overall, the combination of these variables together contributes 37.4% to the intention to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150091
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model, Tokopedia, Niat Penggunaan-Technology Acceptance Model, Tokopedia, Intention to Use.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:41
Last Modified: 21 Feb 2024 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215627
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasna Aulia Rahma Zudiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item