Siswo, Frances Xaviera Leony Gratia and Dr.Eng. Ir.Herman Tolle, S.T., M.T and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom. (2024) Perancangan Service Design Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan pada Kantin Meggunakan TiSDD Framework dan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kantin Creative Land UB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Universitas Brawijaya menyediakan layanan kantin mahasiswa yang tidak hanya difungsikan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman namun juga sebagai salah satu fasilitias dan hak mahasiswanya dalam merasakan atmosfer kehidupan kampus dan mendapatkan pelayanan serta pengalaman terbaik pada layanan kantin tersebut, salah satu kantin Creative Land. Kantin Creative Land yang merupakan salah satu kantin terbesar di Universitas Brawijaya seharusnya memberikan layanan dan pengalaman yang baik bagi para konsumennya—mahasiswa. Namun, proses pemesanan makanan pada kantin Creative Land yang masih sangat manual, pilihan pembayaran yang terbatas pada uang tunai, dan antrian pada kantin yang sering kali tidak terkontrol membuat para mahasiwa merasa kurang nyaman dan memiliki pengalaman yang buruk dalam menggunakan layanan pada kantin Creative Land. Melihat permasalahan tersebut, peneliti menawarkan solusi untuk melakukan perancangan digitalisasi alur pemesanan dalam bentuk layanan berbasis aplikasi mobile dengan hasil akhir berupa prototype. Hasil prototype yang dibuat tersebut dievaluasi menggunakan usability testing untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang dilakukan pada sepuluh responden mahasiswa Universitas Brawijaya. Hasil dari pengujian tersebut memperoleh hasil 100% untuk aspek efektvitias, hasil 0,103 goals/sec untuk aspek efisiensi, dan hasil skor 91,5 terhadap aspek kepuasan pengguna menggunakan SUS yang mana skor SUS tersebut mengkategorikan sistem pada kategori acceptable dengan grade score “A”, dan adjective rating kategori excellent.
English Abstract
Brawijaya University provides a student canteen service that is not only used as a place to fulfill food and beverage needs but also as one of the facilities and rights of its students in experiencing campus life and obtaining the best service and experience at the canteen, one of which is the Creative Land canteen. The Creative Land canteen, being one of the largest canteens at Brawijaya University, should provide good service and experience for its consumers—students. However, the very manual food ordering process at the Creative Land canteen, limited payment options to cash, and often uncontrolled queues at the canteen make students feel uncomfortable and have a bad experience in using the services at the Creative Land canteen. Seeing these problems, the researcher offers a solution to design a digitalization of the ordering process in the form of a mobile application-based service, resulting in a prototype. The prototype created is evaluated using usability testing to test aspects of effectiveness, efficiency, and user satisfaction, conducted with ten Brawijaya University student respondents. The results of the testing obtained 100% for the effectiveness aspect, a result of 0.103 goals/sec for the efficiency aspect, and a score of 91,5 for the user satisfaction aspect using SUS, where the SUS score categorizes the system in the acceptable category with a grade score of "A", and an adjective rating of excellent.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150080 |
Uncontrolled Keywords: | pemesanan makanan, kantin, design thinking, service design, usability testing-food ordering, canteen, design thinking, service design, usability testing. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215592 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FRANCES XAVIERA LEONY GRATIA SISWO.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |