Perbandingan Pemanfaatan Instagram oleh Media Online dan Data-driven Journalism (Analisis Isi pada Akun Instagram @kompascom dan @katadatacoid)

Triernawati, Mei (2023) Perbandingan Pemanfaatan Instagram oleh Media Online dan Data-driven Journalism (Analisis Isi pada Akun Instagram @kompascom dan @katadatacoid). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama kurang lebih satu dekade, media sosial menjadi tantangan baru bagi perusahaan publikasi berita. Kemunculan media sosial mendorong perusahaan publikasi berita untuk dapat beradaptasi dengan media baru tersebut. Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh perusahaan publikasi berita untuk menyebarkan berita. Berita yang dimuat di Instagram akan berbeda dengan berita yang dimuat di koran maupun situs web. Kompas.com dan Katadata.co.id menjadi perusahaan publikasi berita yang aktif menggunakan Instagram sebagai saluran berbagi berita. Kedua perusahaan media ini memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memanfaatkan Instagram sebagai saluran berbagi berita. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pemanfaatan Instagram oleh media online @kompascom dan media berbasis jurnalisme data @katadatacoid. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif. Teori Logika Media Sosial Hermida dan Mellado digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Instagram yang dilakukan oleh @kompascom dan @katadatacoid dipengaruhi oleh latar belakang medianya. Kata kunci: Pemanfaatan Instagram, @kompascom, @katadatacoid, Logika Media Sosial

English Abstract

For approximately a decade, social media has become a new challenge for news publication companies. The emergence of social media has encouraged news publication companies to adapt to this new media. Instagram is one of the social media that news publication companies widely use to spread news. News published on Instagram will be different from news published in newspapers or websites. Kompas.com and Katadata.co.id are news publication companies that actively use Instagram as a news sharing channel. These two media companies have different tendencies in using Instagram as a news sharing channel. Based on this background, the aim of this research is to find out the comparison of the use of Instagram by the online media @kompascom and data journalism-based media @katadatacoid. This type of research is descriptive qualitative with a qualitative content analysis method. Hermida and Mellado's Social Media Logic Theory is used in this research. The research results show that the use of Instagram by @kompascom and @katadatacoid is influenced by their media background.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110001
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Instagram, @kompascom, @katadatacoid, Logika Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: agung
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:28
Last Modified: 02 Feb 2024 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215530
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mei Triernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item