Rancang Bangun Pembangkit Sinyal Memanfaatkan PWM Sistem Benam untuk Transfer Daya Nirkabel dengan Frekuensi 110 dan 205 kHz

Maharani, Dhiyaa Ageng and Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D. (2024) Rancang Bangun Pembangkit Sinyal Memanfaatkan PWM Sistem Benam untuk Transfer Daya Nirkabel dengan Frekuensi 110 dan 205 kHz. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transfer daya nirkabel menjadi topik yang sering diusung dalam proses perkembangan teknologi. Pengisian perangkat menggunakan transfer daya nirkabel diterapkan dalam beberapa perangkat elektronik seperti daya pada pengisian telepon genggam. Penelitian ini merancang sistem perangkat pengirim yang mampu menghasilkan daya dengan pengaturan sinyal frekuensi 110 hingga 205 kHz melalui sistem benam. Selain itu, penelitian ini didukung dengan adanya perangkat pengirim dan perangkat penerima berupa kumparan untuk membuktikan keluaran dari sistem berupa daya yang sesuai dengan frekuensi masukan. Sistem dilengkapi dengan masukan pengguna untuk mengatur frekuensi dan menampilkan keluaran dalam bentuk tampilan yang dapat dibaca pengguna. Konsep yang digunakan yaitu sinyal Power Width Module pada sistem benam dapat mengatur nilai frekuensi masukan yang akan digunakan dengan sumber daya untuk mendapatkan energi listrik. Kemudian, energi listrik keluaran dari sistem benam diubah melalui motor driver yang dapat mengubah energi tersebut untuk melakukan transfer daya energi melalui perangkat pengirim berupa kumparan disebut dengan koil. Koil pengirim akan memiliki prinsip induksi elektromagnetik yang merupakan faktor dari penggunaan ferrite dalam menangkap energi listrik dari sumber daya listrik yang diubah menjadi medan elektromagnetik menggunakan kumparan. Kemudian, pada sisi penerima dilakukan penerimaan daya dari energi yang dikirimkan oleh medan elektromagnetik yang diubah kembali menjadi energi listrik. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, penelitian ini menghasilkan keluaran frekuensi berbentuk sinyal kotak dan hasil pengamatan pengukuran daya pada penerima. Penelitian ini memiliki harapan dapat diimplementasikan untuk transfer daya pada drone dan robot rover secara nirkabel.

English Abstract

Wireless power transfer has become a frequently discussed topic in the process of technological development. Charging devices using wireless power transfer is implemented in some electronic devices such as power on handheld phone charging. The study designed a transmitter device system capable of generating power with the adjustment of the signal frequency 110 to 205 kHz through the transmitter system. Furthermore, the study was supported by the presence of transmitter and receiver devices in the form of a buckle to prove the output of the system as a power that corresponds to the input frequencies. The system is equipped with user input to set the frequency and display the output in the form of a userreadable display. The concept used is that the Power Width Module signal on an inlet system can set the input frequency value that will be used with the resource to obtain electricity. The transmitter coil will have the principle of electromagnetic induction which is a factor of the use of ferrites in capturing the electrical energy from an electrical resource that is converted into an electric field using a coil. Based on the tests carried out, the study produced a frequency output in the form of a box signal and observed power measurement results on the receiver. This research has the hope of being implemented for power transfer on drones and rover robots wirelessly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150063
Uncontrolled Keywords: Transfer daya nirkabel, sinyal kotak, frekuensi, sistem benam-Wireless Power Transfer, Square Wave, Embedded System.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:14
Last Modified: 20 Feb 2024 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215507
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhiyaa Ageng Maharani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item