Strategi Pemasaran “Holiday Camilan” Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan dan Pendapatan (Kasus di Kota Malang)

Stone, Asido Armando Daniel and Prof. Dr. Ir. Syafrial,, M.S. (2023) Strategi Pemasaran “Holiday Camilan” Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan dan Pendapatan (Kasus di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri makanan ringan termasuk kelompok industri yang cukup besar perkembangannya di Indonesia. Pada triwulan satu tahun 2022, jumlah industri kecil menengah makanan dan minuman mencapai 1,68 juta unit usaha. Meningkatnya jumlah perusahaan makanan ringan di Indonesia ini memiliki beberapa dampak positif seperti adanya penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang cukup banyak serta mendorong berdirinya industri penunjang seperti industri pembuatan kemasan makanan. Pengembangan industri makanan ringan di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dikarenakan adanya dukungan faktor internal yang kuat seperti besarnya jumlah penduduk yang menjadi pasar produk industri makanan, serta tersedianya bahan baku produksi dan tenaga kerja dalam jumlah besar di dalam negeri. Bisnis makanan ringan merupakan bisnis yang banyak digeluti oleh para pengusaha karena makanan ringan sangat digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam industri makanan ringan terkadang perusahaan hanya berfokus pada proses produksi dan mengesampingkan proses pemasaran dari produk tersebut. Kegiatan pemasaran seringkali mengalami hambatan atau masalah dalam pelaksanaannya yang berakibat terhadap kurang maksimalnya volume penjualan dan pendapatan usaha seperti yang terjadi pada usaha makanan ringan Holiday Camilan yang berlokasi di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi Holiday Camilan yang dapat menyebabkan penurunan volume penjualan dan pendapatan di antaranya (1) strategi pemasaran yang belum maksimal dan (2) persaingan pasar yang sangat ketat yang menyebabkan produk Holiday Camilan tergeser oleh produk lain. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) mengidentifikasi bauran pemasaran usaha Holiday Camilan, (2) menganalisis faktor internal dan eksternal dalam upaya peningkatan volume penjualan dan pendapatan usaha Holiday Camilan dan (3) merumuskan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan volume penjualan dan pendapatan usaha Holiday Camilan. Lokasi yang dipilih sebagai tempat penelitian yaitu usaha makanan ringan Holiday Camilan. Usaha ini terletak di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Alasan pemilihan lokasi ini adalah karena usaha ini telah berdiri selama puluhan tahun dan cukup dikenal oleh masyarakat. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif terkait bauran pemasaran, serta pendekatan kuantitatif matriks SWOT, analisis matriks IE, dan strategi matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Holiday Camilan menggunakan strategi bauran pemasaran 4P. Produk yang dijual oleh Holiday Camilan cukup beragam antara lain yaitu marning, telo ungu, keripik tempe, keripik singkong, dan keripik nangka. Produk dikemas dalam beberapa pilihan ukuran mulai dari kemasan 200, 320 hingga 500 gram. Produk dijual dengan harga yang bervariasi tergantung jenis camilan dan ukuran kemasannya. Promosi produk Holiday Camilan dilakukan dalam beberapa bentuk, pertama yaitu dengan menggunakan salesman yang ditugaskan mengunjungi berbagai minimarket, supermarket, dan juga toko oleh-oleh. Bentuk promosi lainnya yaitu dengan menjadi sponsor dalam berbagai acara atau kegiatan. Selain itu, Holiday Camilan juga sesekali mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kegiatan produksi Holiday Camilan berlokasi di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Tempat ini berfungsi sebagai tempat pengemasan dan juga gudang penyimpanan produk. Setiap produk yang telah selesai dikemas dan lolos proses quality control selanjutnya akan didistribusikan ke berbagai toko makanan ringan oleh salesman dengan menggunakan mobil pikap. Pemasaran Holiday Camilan saat ini telah menjangkau berbagai wilayah di area Jawa Timur. Melalui hasil perhitungan matriks IFAS dihasilkan total skor sebesar 3,07, dan matriks EFAS sebesar 2,95. Kekuatan dari usaha Holiday Camilan terdapat pada faktor produk yang berkualitas baik dan harga produk yang terjangkau dengan skor yang sama yaitu 0,352. Sedangkan kelemahan yang dimiliki usaha Holiday Camilan terdapat pada faktor tenaga ahli yang masih kurang dengan skor 0,137. Selanjutnya, peluang yang dimiliki usaha Holiday Camilan terdapat pada faktor pembelian berulang oleh pelanggan dengan skor 0,385. Sedangkan ancaman yang dihadapi usaha Holiday Camilan terdapat pada faktor peningkatan harga bahan bakar dan perubahan kualitas bahan baku dengan skor yang sama yaitu 0,155. Analisis matriks IE menunjukkan hasil usaha Holiday Camilan berada pada sel IV. Posisi ini menunjukkan bahwa usaha Holiday Camilan dapat menerapkan stability strategy, yaitu strategi yang diterapkan tanpa mengubah arah strategi yang telah diterapkan sebelumnya. Langkah yang dapat dilakukan perusahaan yaitu menjaga citra perusahaan dan hubungan yang baik dengan pemasok dan pelanggan dengan cara mempertahankan mutu dan kualitas produk serta strategi pemasaran yang efektif. Pada analisis matriks SWOT diperoleh 6 alternatif strategi yang dapat diterapkan perusahaan dalam upaya peningkatan volume penjualan dan pendapatan. Diagram analisis SWOT menunjukkan Holiday Camilan berada pada kuadran I. Posisi ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang besar. Strategi yang dapat diterapkan dalam kondisi tersebut adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

English Abstract

The snack food industry is an industries that has quite large development in Indonesia. In the first quarter of 2022, the number of small and medium food and beverage industries reach 1,68 million business units. The increase in the number of snack food companies in Indonesia has had several positive impacts, such as absorbing a large number of workers and encouraging the establishment of supporting industries such as the food packaging manufacturing industry. The development of the snack food industry in Indonesia has quite large potential due to the support of strong internal factors such as the large population that is the market for food industry products, as well as the availability of production raw materials and large amounts of labor in the country. The snack business is a business that many entrepreneurs are involved in because snacks are very popular with all levels of society. In the snack food industry, sometimes companies only focus on the production process and ignore the marketing process of the product. Marketing activities often experience obstacles or problems in their implementation which results in less than optimal sales volume and business income, as happened in the Holiday Camilan business located in Tanjungrejo Village, Sukun District, Malang City. There are several problems faced by Holiday Camilan which can cause a decrease in sales volume and income, including 1) marketing strategies that are not optimal and 2) very tight market competition which causes Holiday Snacks products to be displaced by other products. The objectives of this research are: (1) identifying the marketing mix for the Holiday Camilan business, (2) analyzing internal and external factors in an effort to increase the sales volume and income of the Holiday Camilan business and (3) formulating a marketing strategy in an effort to increase the sales volume and income of the Holiday Camilan business. The location chosen as the research location was the Holiday Camilan business. This business is located in Tanjungrejo Village, Sukun District, Malang City. The reason for choosing this location is because this business has been around for decades and is quite well known by the public. The data analysis method used is descriptive analysis related to the marketing mix, as well as a quantitative approach to the SWOT matrix, IE matrix analysis, and SWOT matrix strategy. The research results show that Holiday Camilam uses a 4P marketing mix strategy. The products sold by Holiday Camilan are quite diverse, including marning, purple telo, tempeh chips, cassava chips and jackfruit chips. Products are packaged in several size options ranging from 200, 320 to 500 gram packages. Products are sold at varying prices depending on the type of snack and packaging size. Promotion of Holiday Camilan products is carried out in several forms, the first is by using salesman who are assigned to visit various minimarkets, supermarkets and also gift shops. Another form of promotion is by becoming a sponsor in various events or activities. Apart from that, Holiday Camilan also occasionally participates in exhibitions organized by the government. Holiday Camilan production activities are located in Tanjungrejo Village, Sukun District,Malang City. This place functions as a packaging area and also a product storage warehouse. Every product that has been packaged and passed the quality control process will then be distributed to various snack shops by salesman using pickup trucks. Marketing of Holiday Snacks has now reached various regions in the East Java area. The most important variable for sales of Holiday Snack products is the promotional variable Through the IFAS matrix calculation results, a total score of 3,07 was obtained, and the EFAS matrix was 2,95. The strength of the Holiday Camilan business lies in the good quality product factor and affordable product prices with the same score, namely 0,352. Meanwhile, the weakness of the Holiday Camilan business is the lack of expert staff with a score of 0,137. Furthermore, the opportunity for the Holiday Camilan business lies in the repeat purchase factor by customers with a score of 0,385. Meanwhile, the threat faced by the Holiday Camilan business lies in the factors of increasing fuel prices and changes in the quality of raw materials with the same score, namely 0,155. IE matrix analysis shows that the results of the Holiday Camilan business are in cell IV. This position shows that the Holiday Camilan business can implement a stability strategy, namely a strategy that is implemented without changing the direction of the strategy that has been implemented previously. Steps that companies can take are maintaining the company's image and good relationships with suppliers and customers by maintaining product quality as well as effective marketing strategies. In the SWOT matrix analysis, 6 alternative strategies were obtained that the company could implement in an effort to increase sales volume and income. The SWOT analysis diagram shows Holiday Snacks is in quadrant I. This position shows that the company is in a profitable position because it has great strengths and opportunities. The strategy that can be implemented in these conditions is to support aggressive growth policies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040331
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:04
Last Modified: 01 Feb 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215506
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Asido Armando Daniel Stone.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item