Huwaida, Nabila Nur and Debri Haryndia Putri, S.T., M.Ds. (2023) Redesain Kantor PT Wolftagon Future Innovation untuk Menciptakan Brand Identity dan Kenyamanan Visual. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kantor didefinisikan sebagai tempat dengan kegiatan yang kompleks. Di dalamnya tersusun rangkaian aktivitas yang terbentuk dari proses bekerja oleh para penggunanya. Perkembangan proses bekerja pada setiap kantor memiliki perbedaan sesuai dengan kebutuhan pengguna, konsep desain, dan brand identity. Kenyamanan pengguna menjadi isu penting dalam proses desain kantor berbasis aktivitas kreatif. PT Wolftagon Future Innovation merupakan kantor yang bergerak dibidang kreatif dengan spesialisasi pada bidang: pra pembuatan aset visual UI/UX, game selular, virtual reality (VR), dan aplikasi lintas platform. Pegawai atau pengguna ruang pada kantor ini dituntut untuk memberikan inovasi setiap hari yang menunjukkan bahwa terjadinya proses kreatif yang rutin bagi pengguna. Keadaan eksisting kantor ini berbentuk dasar rumah tinggal yang akan di redesain menjadi kantor berbasis industri kreatif. Perubahan fungsi dari rumah tinggal menjadi kantor memerlukan pendekatan khusus yang ditunjukkan untuk stimulasi kreativitas pengguna serta memunculkan brand identity kantor tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan perilaku pengguna ruang kantor yang bertujuan untuk memahami faktor yang berpengaruh terhadap perilaku dan tindakan pengguna terhadap ruang kantor. Dilanjutkan dengan metode perancangan ulang atau redesain yang dimulai dari observasi secara langsung keadaan eksisting bangunan. Selanjutnya akan dibuat alternatif desain sesuai dengan psikologi pengguna sebagai langkah awal menciptakan kenyamanan pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan Teknik pengumpulan data primer (observasi, dokumentasi, dan pengukuran) dan sekunder (jurnal, artikel, dan buku). Hal yang menjadi urgensi dan perlu pembenahan yang signifikan ialah munculnya brand identity yang harus ada dan diimplementasikan pada elemen interior baik dengan penerapan ragam hias maupun pada furnitur. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan acuan dalam perancangan ulang PT. Wolftagon Future Innovation dengan penekanan brand identity dan kenyamanan visual.
English Abstract
An office is defined as a place with complex activities. It contains a series of activities formed from its users' work process. Each office's development of work processes differs according to user needs, design concepts, and brand identity. User comfort is an essential issue in the creative activity-based office design process. PT Wolftagon Future Innovation is an office engaged in the creative field specializing in the following areas: pre-creation of UI/UX visual assets, mobile games, virtual reality (VR), and cross-platform applications. Employees or users of space in this office are required to provide innovation daily, which shows that there is a routine creative process for users. The existing condition of this office is in the form of a residential base which will be redesigned into a creative industry-based office. The change in function from a residence to an office requires a unique approach to stimulate user creativity and create the office's brand identity. This study uses a descriptive qualitative method with an approach to the behavior of office space users, which aims to understand the factors that influence the behavior and actions of users towards office space—followed by a redesign or redesign method that starts from direct observation of the existing condition of the building. Then an alternative design will be made according to user psychology as the first step to creating user comfort. Data collection techniques used are primary data collection techniques (observation, documentation, and measurement) and secondary (journals, articles, and books). What is urgent and needs significant improvement is the emergence of a brand identity that must exist and be implemented in interior elements by applying decoration and furnituree. This research is expected to be a consideration and reference in redesigning PT. Wolftagon Future Innovation with an emphasis on brand identity and visual comfort.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Brand Identity, Industri Kreatif, Kenyamanan Pengguna, Redesain |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:53 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215493 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabila Nur Huwaida.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (280MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |