PENGARUH KESESAKAN MANUSIA DAN KESESAKAN SPASIAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI DAYA TARIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA RESTORAN MIE DI KOTA MALANG

Kasana, Tiara Miladiyatul (2024) PENGARUH KESESAKAN MANUSIA DAN KESESAKAN SPASIAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI DAYA TARIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA RESTORAN MIE DI KOTA MALANG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner pada restoran mie pedas meningkatkan kepopuleran dari restoran tersebut di kalangan masyarakat. Akibatnya banyak pengunjung yang ramai mendatangi restoran yang mengakibatkan kesesakan dalam restoran. Adapun permasalahan yang mungkin terjadi ketika terjadi kesesakan adalah pelayanan restoran yang kurang maksimal terhadap konsumen, pesanan makanan yang diberikan tidak sesuai, serta suasana yang dialami konsumen terlalu sesak dan bising. Permasalahan yang timbul akibat adanya kesesakan yang terjadi di suatu tempat dapat mempengaruhi secara langsung terhadap kepuasan konsumen, karena penilaian konsumen terhadap kinerja restoran berpengaruh pada kepuasan konsumen. Namun adanya kesesakan juga berpengaruh pada perasaan ketertarikan konsumen untuk berkunjung ke restoran. Dengan demikian adanya ketertarikan tersebut dapat meningkatkan kepuasan konsumen setelah berkunjung ke restoran karena mungkin terdapat faktor seperti kesesuaian dari harga makanan, kualitas makanan yang ditawarkan, dan pelayanan yang diberikan oleh restoran. Terdapat restoran yang memiliki keadaan kesesakan pada setiap cabang restoran yang dimiliki yaitu restoran mie gacoan yang disebabkan karena tingkat keramaian yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh antara kesesakan manusia dan spasial terhadap kepuasan konsumen, (2) menganalisis pengaruh kesesakan manusia dan kesesakan spasial terhadap daya tarik, (3) menganalisis pengaruh daya tarik terhadap kepuasan konsumen, dan (4) menganalisis pengaruh kesesakan manusia dan kesesakan spasial terhadap kepuasan konsumen melalui daya tarik sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik jugdement sampling yaitu sebesar 100 responden. Teknik pengumpulan jenis data primer dilakukan dengan kuesioner tertutup. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis SEM-PLS (Struktural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan alat analisis WarpPLS 8.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) kesesakan manusia dan kesesakan spasial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada restoran mie gacoan di Kota Malang, (2) kesesakan manusia dan kesesakan spasial berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik pada restoran mie gacoan di Kota Malang, (3) daya tarik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada restoran mie gacoan di Kota Malang, dan (4) kesesakan manusia dan kesesakan spasial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui daya tarik sebagai variabel mediasi pada restoran mie gacoan di Kota Malang. Kemudian nilai R-square untuk daya tarik adalah sebesar 0,726. Adapun hal tersebut menunjukkan bahwa variabel kesesakan manusia dan kesesakan spasial pada restoran memiliki pengaruh terhadap daya tarik dari restoran sebesar 72,6% dan untuk nilai lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang ada di luar model penelitian. Kemudian pada nilai R-square untuk kepuasan konsumen yang memiliki nilai sebesar 0,812, dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel daya tarik memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 81,2% dan untuk nilai lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang ada di luar model penelitian. Restoran mie gacoan diharapkan dapat menambahkan terkait loket pemesanan dan pembayaran yang ada di restoran agar dapat mengurangi antrian konsumen. Selain itu hal tersebut juga dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan restoran kepada konsumen pada waktu tunggu yang diperlukan konsumen ketika berada di restoran.

English Abstract

The development of the culinary business in spicy noodle restaurants has increased the popularity of these restaurants among the public. As a result, many visitors flock to the restaurant, which causes crowds in the restaurant. The problems that may occur when congestion occurs are restaurant service that is less than optimal for consumers, the food orders given are not appropriate, and the atmosphere experienced by consumers is too crowded and noisy. Problems that arise due to crowding that occurs in a place can directly influence consumer satisfaction, because consumer assessments of restaurant performance influence consumer satisfaction. However, crowding also influences consumers' feelings of interest in visiting restaurants. Thus, this interest can increase consumer satisfaction after visiting a restaurant because there may be factors such as the appropriateness of the price of the food, the quality of the food offered, and the service provided by the restaurant. There is a restaurant that has a situation of overcrowding in every branch of the restaurant it owns, namely the Gacoan noodle restaurant which is caused by the fairly high level of crowds. This research aims to (1) analyze the influence of human and spatial crowding on consumer satisfaction, (2) analyze the influence of human crowding and spatial crowding on attractiveness, (3) analyze the influence of attractiveness on consumer satisfaction, and (4) analyze the influence of crowding humans and spatial crowding on consumer satisfaction through attractiveness as a mediating variable. The research method used in this research is a quantitative research method. The sample was determined using a judgment sampling technique, namely 100 respondents. The primary data collection technique was carried out using a closed questionnaire. Data analysis was carried out using descriptive statistical analysis and SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) analysis with the WarpPLS 8.0 analysis tool. The results of the research conducted show that (1) human crowding and spatial crowding has a positive and significant influence on consumer satisfaction at gacoan noodle restaurants in Malang City, (2) human crowding and spatial crowding has a positive and significant influence on the attractiveness of gacoan noodle restaurants in Malang City, (3) attractiveness has a positive and significant influence on consumer satisfaction at gacoan noodle restaurants in Malang City, and (4) human crowding and spatial crowding has a positive and significant influence on consumer satisfaction through attractiveness as a mediating variable at gacoan noodle restaurants in Malang City. Then the R-square value for attractiveness is 0.726. This shows that the variables human crowding and spatial crowding in restaurants have an influence on the attractiveness of restaurants by 72.6% and other values are influenced by other variables that are outside the research model. Then the R-square value for consumer satisfaction has a value of 0.812, where this value shows that the attractiveness variable has an influence on the consumer satisfaction variable of 81.2% and other values are influenced by other variables that are outside the research model. It is hoped that the Gacoan noodle restaurant can add ordering and payment counters at the restaurant in order to reduce customer queues. Apart from that, this can also improve the service provided by restaurants to consumers in terms of the waiting time required by consumers when they are at the restaurant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040019
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:50
Last Modified: 01 Feb 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215489
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiara Miladiyatul Kasana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item