Persepsi Konsumen Terhadap Niat Beli Sayur Online Melalui Platform Instagram Warung Sayur Segar Malang.

Ikhsan, Moch. Fariz Fatikhul (2024) Persepsi Konsumen Terhadap Niat Beli Sayur Online Melalui Platform Instagram Warung Sayur Segar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial Instagram menjadi pasar tersendiri bagi pelaku e-commerce mulai dari perusahaan besar sampai UMKM. Hadirnya banyak fitur canggih di Instagram menjadikan peluang bagi pelaku e-commerce untuk memanfaatkan peluang platform media sosial sebagai ajang untuk berdagang ataupun promosi. Pandemic covid-19 juga berdampak pada sektor penjualan olahan hasil pertanian, banyak pasar yang dibatasi, distribusi terhambat, pendapatan masyarakat turun sehingga banyak konsumen lebih menghemat. Produk olahan pertanian seperti sayur dan buah merupakan produk yang tabu ketika diperjual-belikan secara online, karena asumsi konsumen kebanyakan produk pertanian harus fresh/segar, harus pintar memilih dalam segi kualitas, memiliki masa jual yang pendek, berbeda dengan produk lain non pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian sayur melalui Instagram. apakah konsumen membeli produk sayur lebih mempertimbangkan faktor harga, kemanfaatan dan kredibilitas toko online dalam penggunaan media sosial instagram bagi konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Lokasi yang digunakan pada penelitian ini bertempat di Warung Sayur Segar Malang yang berlokasi di Jl. Candi Panggung No.61, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2023. Metode yang digunakan dengan non-probability sampling responden yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan followers dari akun Instagram toko. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dan wawancara secara langsung pada beberapa responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistika deskriptif dan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh : 1) Hasil Analisis Statistika Deskriptif sebesar persentase 66,8% Harga (X1), 79% Kemanfaatan (X2), 71,6% Kredibilitas (X3) dan 73% Niat Beli (Y). 2) Nilai t hitung sebesar 6,259 harga (X1), 5,811 kemanfaatan (X2), 3,443 kredibilitas toko (X3) sehingga dinyatakan signifikan berpengaruh secara parsial. 3) Berdasarkan hasil uji diperoleh nilai R square sebesar 0,722 atau 72,2%. Pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel indepeneden Harga (X1), Kemanfaatan (X2) dan Kredibilitas toko (X3) secara simultan memiliki pengaruh sebesar 72,2% terhadap variabel dependen Niat Beli (Y). Sedangkan sisanya yakni sebesar 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Harga menjadi pertimbangan yang sensitif terhadap perubahan niat beli, jika harga cenderung stabil maka konsumen tidak terlalu mempertimbangkan. Namun jika harga cenderung naik atau turun maka perubahan niat beli konsumen akan menunjukkan angka perubahan yang cukup drastis. Hasil analisis regresi dengan analisis deskriptif ini memiliki hasil yang berbeda berdasarkan data yang dilihat diatas. Hasil tersebut dikarenakan pada tren belanja online konsumen merasakan manfaat yang berlebih seperti efektifitas dan efisiensi waktu seperti yang tertetara pada variabel kemanfaatan dengan indicator memberi kemudahan akses pada konsumen. Berdasarkan hasil penelitian kedepannya di sarankan lebih memperhatikan kualitas barang dan resiko pengelolaan terhadap konsumen. memperhatikan aspek harga, kemanfaatan dan kredibilitas toko dalam menimbulkan niat beli. Warung Sayur Segar lebih memperhatikan lagi dalam menentukan segementasi harga bagi konsumen dengan segmen tertentu. Mengingat banyak konsumen yang tidak hanya mahasiswa tapi juga ibu rumah tangga yang cenderung lebih ekonomis dan selektif masalah harga khususnya dalam promosi atau iklan di media sosial.

English Abstract

Instagram social media is a separate market for e-commerce players ranging from large companies to MSMEs. The presence of many advanced features on Instagram makes opportunities for e-commerce players to take advantage of social media platforms as a place to trade or promote. The covid-19 pandemic also has an impact on the sales sector of processed agricultural products, many markets are restricted, distribution is hampered, people's income drops so that many consumers save more. Processed agricultural products such as vegetables and fruits are taboo products when traded online, because the assumption of most consumers is that agricultural products must be fresh, must be smart in terms of quality, have a short selling period, different from other non-agricultural products. This study aims to find out what consumer considerations are in making vegetable purchases via Instagram. whether consumers buy vegetable products more considering price factors, usefulness and credibility of online stores in the use of Instagram social media for consumers. The approach used in this research is a quantitative approach. The location used in this research is Warung Sayur Segar Malang which is located on Jl. Candi Panggung No.61, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Malang City. The research will be conducted from June to July 2023. The method used with non-probability sampling of respondents is purposive sampling method. The sample used was 100 respondents who were followers of the store's Instagram account. Data collection techniques were obtained using questionnaires and interviews directly with several respondents. Data analysis used in this research is descriptive statistikal analysis and multiple linear regression data analysis. Research results obtained: 1) The results of Descriptive Statistikal Analysis amounted to a percentage of 66.8% Price (X1), 79% Usefulness (X2), 71.6% Credibility (X3) and 73% Purchase Intention (Y). 2) The calculated t value is 6.259 price (X1), 5.811 usefulness (X2), 3.443 store credibility (X3) so that it is stated to have a significant partial effect. 3) Based on the test results, the R square value is 0.722 or 72.2%. In these results it can be concluded that the independent variabels Price (X1), Usefulness (X2) and Store credibility (X3) simultaneously have an influence of 72.2% on the dependent variabel Purchase Intention (Y). While the remaining 27.8% is influenced by other variabels not examined in this study.Price is a consideration that is sensitive to changes in purchase intention, if prices tend to be stable then consumers do not really consider. However, if prices tend to increase or decrease, changes in consumer purchase intentions will show a fairly drastic change in numbers. The results of regression analysis with descriptive analysis have different results based on the data seen above. These results are due to the trend of online shopping consumers feel excessive benefits such as effectiveness and time efficiency as stated in the benefit variabel with indicators providing easy access to consumers. For this reason, in the future it is recommended to pay more attention to the quality of goods and risk management for consumers. pay attention to aspects of price, usefulness and credibility in generating purchase intentions. Warung Sayur Segar pays more attention to determining price segmentation for consumers with certain segments. Given that many consumers are not only students but also housewives who tend to be more economical and selective about prices, especially in promotions or advertisements on social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040016
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:22
Last Modified: 01 Feb 2024 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215454
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Skripsi_Pertanian_Moch. Fariz Fatikhul Ikhsan_195040107111013 - Moch. Fariz Fatikhul Ikhsan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item