Buana, Fajar Kelana and Dr. Ir. Erni Yudaningtyas, M.T., and Dr. Ir. Moch. Rusli, Dipl.-Ing. (2023) Efisiensi Sepeda Motor Listrik Dengan Motor BLDC Menggunakan Pengereman Variabel Regeneratif. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kendaraan listrik termasuk sepeda motor listrik, semakin mendapat perhatian sebagai solusi berkelanjutan untuk transportasi terutama di perkotaan. Salah satu fitur penting dalam kendaraan listrik adalah sistem pengereman regeneratif. Sistem pengereman regeneratif memungkinkan pengembalian energi kinetik selama proses pengereman untuk mengisi kembali energi baterai. Penelelitian ini bertujuan untuk menguji efisiensi pengereman regeneratif sepeda motor listrik dengan dua metode pengereman berbeda, yaitu pengereman regeneratif metode switching dan variabel. Metode switching dibagi menjadi tiga tingkat besar pengereman yang berbeda, yaitu pengereman sebesar 10%, 50%, dan 95%. Dengan fokus pengumpulan dan analisis data secara eksperimental. Berdasarkan pengujian yang telah dilaksanakan menggunakan skenario pengujian, nilai efisiensi pengereman regeneratif yang dihasilkan dari dua metode berbeda adalah sebagai berikut. Pada pengujian pertama pengereman regeneratif metode switching sebesar 10% efisiensi yang didapatkan adalah 10,76%, pengujian kedua pengereman regeneratif sebesar 50% efisiensi yang didaptkan adalah 24,07%, dan yang ketiga yaitu pengereman regeneratif sebesar 95% efisiensinya adalah 15,83%. Selanjutnya, pengujian terakhir pengereman regeneratif menggunakan metode variabel mendapatkan efisiensi sebesar 20,03%. Dari data yang didapatkan, dapat disimpulkan jika sepeda motor listrik dengan spesifikasi sesuai penelitian dan pengujian menggunakan skenario pengujian yang ditentukan efisiensi tertinggi adalah 24,07% yaitu pengereman regeneratif sebesar 50%.
English Abstract
Electric vehicles, including electric motorbikes, are increasingly receiving attention as a sustainable solution for transportation, especially in urban areas. One of the important features in electric vehicles is the regenerative braking system. The regenerative braking system allows the return of kinetic energy during the braking process to recharge the battery. This research aims to test the efficiency of regenerative braking for electric motorbikes with two different braking methods, namely switching and variable regenerative braking. The switching method is divided into three different levels of braking, namely 10%, 50% and 95% braking. With a focus on experimental data collection and analysis. Based on tests that have been carried out using test scenarios, the efficiency values for regenerative braking resulting from two different methods are as follows. In the first test of 10% regenerative braking, the efficiency obtained was 10.76%, in the second test of 50% regenerative braking, the efficiency obtained was 24.07%, and in the third, regenerative braking of 95%, the efficiency was 15.83%. Furthermore, the final test of regenerative braking using the variable method obtained an efficiency of 20.03%. From the data obtained, it can be concluded that an electric motorbike with specifications according to research and testing using a test scenario determined that the highest efficiency is 24.07%, namely regenerative braking of 50%.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423070027 |
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Listrik, Motor BLDC, Pengereman Regeneratif. |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 02:29 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 02:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215442 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fajar Kelana Buana.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |