Sormin, Carmelita Angelica and Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom (2024) Perancangan Service Design Aplikasi Mobile Penyewaan Lapangan Olahraga Menggunakan TiSSD Framework. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Melihat Generasi Z saat ini, khususnya mahasiswa memiliki pola kehidupan yang serba instan dan cepat dengan adanya perkembangan teknologi. Dibandingkan dengan Generasi Milenial, Generasi Z memiliki minat yang lebih tinggi pada olahraga sepakbola dan futsal dengan persentase sebesar 50,7%. Perkembangan ini memiliki potensi yang menguntungkan bagi sektor bisnis di Indonesia, dimana banyak pengusaha yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha berupa tempat penyewaan lapangan. Sayangnya, kebanyakan dari mereka masih kurang memberikan informasi yang memadai, salah satunya adalah Lapangan Champion Tidar Malang. Dalam proses penyewaan lapangan masih menggunakan cara konvensional, yaitu dengan menghubungi via Whatsapp atau mengunjungi lapangan secara langsung. Melihat permasalahan yang ada, penulis melakukan observasi kepada staff di lapangan dan menawarkan rancangan desain solusi berupa aplikasi mobile penyewaan lapangan dengan hasil akhir berupa prototype. Rancangan desain solusi dievaluasi menggunakan usability testing untuk menguji aspek efektifitas, efisiensi, dan kepuasan kepada sepuluh responden dan dua staff yang bekerja di Lapangan Champion Tidar. Hasil dari pengujian aspek efektivitas sebesar 100%, aspek efisiensi menggunakan perhitungan time-based effieciency sebesar 0,176 goals/sec, dan aspek kepuasan menggunakan SUS dengan nilai rata-rata SUS sebesar 91,25, dimana dengan skor tersebut menunjukkan bahwa sistem masuk ke dalam kategori acceptable dengan grade score “A” dan adjective rating kategori excellent.
English Abstract
Observing the current Generation Z, especially students, they have an instant and fast-paced lifestyle due to technological advancements. Compared to the Millennial Generation, Generation Z has a higher interest in sports like soccer and futsal, with a participation rate of 50,7%. This trend has potential benefits for the business sector in Indonesia, where many entrepreneurs seize the opportunity to open sports facilities for rent. However, most of them still lack adequate information provision, one example being the Champion Tidar Field in Malang. The rental process is still conventional, involving contact through WhatsApp or direct visits to the field. Addressing these issues, the author observed the field staff and proposed a design solution in the form of a mobile app for field rental, culminating in a prototype. The design solution was evaluated using usability testing to test aspects of effectiveness, efficiency, and satisfaction among ten respondents and two staff working at Champion Tidar Field. The results showed 100% effectiveness, efficiency measured by time-based efficiency at 0.176 goals/second, and satisfaction measured using the System Usability Scale with an average score of 91.25, indicating that the system falls into the "acceptable" category with an "A" grade score and an "excellent" adjective rating.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150051 |
Uncontrolled Keywords: | penyewaan lapangan, gen z, service design, design thinking, usability testing-field rental, gen z, service design, design thinking, usability testing. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 06:45 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215437 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Carmelita Angelica.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |