Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Rating Terhadap Niat Beli Ayam Kampung Potong “Mangan Sekyo”

Rahmah, Shania (2024) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Rating Terhadap Niat Beli Ayam Kampung Potong “Mangan Sekyo”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi sehingga mampu mendapatkan benefit semaksimal mungkin. E-Commerce sebagai bentuk dari perkembangan teknologi menjadi salah satu gerbang menuju ke ikut sertaan dalam upaya memanfaatkan perkembangan yang kian pesat tersebut. Pemerintah serius dalam menghadapi hal tersebut, terwujud dari penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi XIV mengenai E-Commerce serta Perpres No. 74 tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau SNPBE yang menjadi bukti konkrit bahwa perkembangan E-Commerce sudah bukan merupakan aspek mikro, namun juga memiliki dampak terhadap perekonomian negara dengan riwayatnya yang menyumbang sebesar 18% PDB negara. Mangan Sekyo merupakan salah saku UMKM yang turut melakukan ekspansi bisnis pada ranah E-Commerce. Namun, ekspansi yang dilakukan tampak tidak membawa dampak signifikan sebab dalam beberapa periode terakhir, terjadi penurunan penjualan pada penjualan ayam potongnya. Hasil penjualan juga masih didominasi secara signifikan oleh penjualan online yang perbandingannya bisa mencapai 10x lipat. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk melihat pengaruh Electronic Word of Mouth serta Rating terhadap Niat Beli Konsumen sebagai aspek yang melekat erat dengan performa toko dalam E-Commerce dengan harapan dapat memberikan informasi statistik kepada pelaku bisnis sehingga fokus strategi dapat lebih terarah yang turut menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor demografis konsumen, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Rating, dan Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo, sekaligus menganalisis pengaruh E-Wom dan Rating terhadap Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo pada E-Commerce. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen Mangan Sekyo dengan beberapa kriteria yakni (1) berusia di atas 17 tahun, (2) menjadi followers toko Mangan Sekyo di Shopee, (3) pernah membeli produk ayam kampung potong Mangan Sekyo. Sehubungan dengan kriteria tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat sebanyak 65 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling menyesuaikan kriteria di atas. Kuesioner disebar melalui platform Google Form secara online kepada kontak tiap responden yang didapat melalui database Mangan Sekyo. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan metode Regresi Linear Berganda yang di dalamnya termasuk analisis koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Ayam Kampung Potong Mangan Sekyo didominasi oleh kaum perempuan, berusia 26-45 tahun, berpendidikan terakhir pada jenjang Sarjana (S1), serta berpendapatan antara Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. Namun, dari dominasi tersebut, Pelajar dan Mahasiswa merupakan profesi yang mendominasi berdasarkan kategori pekerjaan konsumen dengan total proporsi sebesar 40%. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = -1.739 + 0,409X1 + 0,257X2 + 0,314X3 + 0,401X4+ 0,236X5, yang Pesatnya perkembangan teknologi mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi sehingga mampu mendapatkan benefit semaksimal mungkin. E-Commerce sebagai bentuk dari perkembangan teknologi menjadi salah satu gerbang menuju ke ikut sertaan dalam upaya memanfaatkan perkembangan yang kian pesat tersebut. Pemerintah serius dalam menghadapi hal tersebut, terwujud dari penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi XIV mengenai E-Commerce serta Perpres No. 74 tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau SNPBE yang menjadi bukti konkrit bahwa perkembangan E-Commerce sudah bukan merupakan aspek mikro, namun juga memiliki dampak terhadap perekonomian negara dengan riwayatnya yang menyumbang sebesar 18% PDB negara. Mangan Sekyo merupakan salah saku UMKM yang turut melakukan ekspansi bisnis pada ranah E-Commerce. Namun, ekspansi yang dilakukan tampak tidak membawa dampak signifikan sebab dalam beberapa periode terakhir, terjadi penurunan penjualan pada penjualan ayam potongnya. Hasil penjualan juga masih didominasi secara signifikan oleh penjualan online yang perbandingannya bisa mencapai 10x lipat. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk melihat pengaruh Electronic Word of Mouth serta Rating terhadap Niat Beli Konsumen sebagai aspek yang melekat erat dengan performa toko dalam E-Commerce dengan harapan dapat memberikan informasi statistik kepada pelaku bisnis sehingga fokus strategi dapat lebih terarah yang turut menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor demografis konsumen, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Rating, dan Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo, sekaligus menganalisis pengaruh E-Wom dan Rating terhadap Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo pada E-Commerce. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen Mangan Sekyo dengan beberapa kriteria yakni (1) berusia di atas 17 tahun, (2) menjadi followers toko Mangan Sekyo di Shopee, (3) pernah membeli produk ayam kampung potong Mangan Sekyo. Sehubungan dengan kriteria tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat sebanyak 65 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling menyesuaikan kriteria di atas. Kuesioner disebar melalui platform Google Form secara online kepada kontak tiap responden yang didapat melalui database Mangan Sekyo. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan metode Regresi Linear Berganda yang di dalamnya termasuk analisis koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Ayam Kampung Potong Mangan Sekyo didominasi oleh kaum perempuan, berusia 26-45 tahun, berpendidikan terakhir pada jenjang Sarjana (S1), serta berpendapatan antara Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. Namun, dari dominasi tersebut, Pelajar dan Mahasiswa merupakan profesi yang mendominasi berdasarkan kategori pekerjaan konsumen dengan total proporsi sebesar 40%. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = -1.739 + 0,409X1 + 0,257X2 + 0,314X3 + 0,401X4+ 0,236X5, yang Pesatnya perkembangan teknologi mendorong pelaku bisnis untuk beradaptasi sehingga mampu mendapatkan benefit semaksimal mungkin. E-Commerce sebagai bentuk dari perkembangan teknologi menjadi salah satu gerbang menuju ke ikut sertaan dalam upaya memanfaatkan perkembangan yang kian pesat tersebut. Pemerintah serius dalam menghadapi hal tersebut, terwujud dari penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi XIV mengenai E-Commerce serta Perpres No. 74 tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau SNPBE yang menjadi bukti konkrit bahwa perkembangan E-Commerce sudah bukan merupakan aspek mikro, namun juga memiliki dampak terhadap perekonomian negara dengan riwayatnya yang menyumbang sebesar 18% PDB negara. Mangan Sekyo merupakan salah saku UMKM yang turut melakukan ekspansi bisnis pada ranah E-Commerce. Namun, ekspansi yang dilakukan tampak tidak membawa dampak signifikan sebab dalam beberapa periode terakhir, terjadi penurunan penjualan pada penjualan ayam potongnya. Hasil penjualan juga masih didominasi secara signifikan oleh penjualan online yang perbandingannya bisa mencapai 10x lipat. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk melihat pengaruh Electronic Word of Mouth serta Rating terhadap Niat Beli Konsumen sebagai aspek yang melekat erat dengan performa toko dalam E-Commerce dengan harapan dapat memberikan informasi statistik kepada pelaku bisnis sehingga fokus strategi dapat lebih terarah yang turut menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor demografis konsumen, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Rating, dan Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo, sekaligus menganalisis pengaruh E-Wom dan Rating terhadap Niat Beli ayam kampung potong Mangan Sekyo pada E-Commerce. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen Mangan Sekyo dengan beberapa kriteria yakni (1) berusia di atas 17 tahun, (2) menjadi followers toko Mangan Sekyo di Shopee, (3) pernah membeli produk ayam kampung potong Mangan Sekyo. Sehubungan dengan kriteria tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdapat sebanyak 65 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling menyesuaikan kriteria di atas. Kuesioner disebar melalui platform Google Form secara online kepada kontak tiap responden yang didapat melalui database Mangan Sekyo. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dianalisis menggunakan metode Regresi Linear Berganda yang di dalamnya termasuk analisis koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Ayam Kampung Potong Mangan Sekyo didominasi oleh kaum perempuan, berusia 26-45 tahun, berpendidikan terakhir pada jenjang Sarjana (S1), serta berpendapatan antara Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. Namun, dari dominasi tersebut, Pelajar dan Mahasiswa merupakan profesi yang mendominasi berdasarkan kategori pekerjaan konsumen dengan total proporsi sebesar 40%. Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = -1.739 + 0,409X1 + 0,257X2 + 0,314X3 + 0,401X4+ 0,236X5, yang menunjukkan setiap variabel memiliki pengaruh positif terhadap Niat Beli konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan angka 0,874 yang berarti bahwa model penelitian mampu menjelaskan 87,4% variansi dari Niat Beli. Hasil uji Hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli dengan skor p-value 0,000. Sedangkan menggunakan uji T, didapatkan hasil bahwa secara parsial masing-masing variabel (Intensity, Valence of Opini, Content, Jumlah Rating, Rating Keseluruhan Produk) berpengaruh signifikan terhadap Niat Beli Konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, beberapa saran yang dapat diusulkan adalah pemfokusan target pasar kepada pelajar, peningkatan jumlah rating melalui komunikasi aktif kepada konsumen yang telah membeli, serta pengembangan penelitian selanjutnya yang mengarah pada topik pengaruhnya terhadap keputusuan pembelian.

English Abstract

The rapid advancement of technology compels business entities to adapt, enabling them to maximize benefits. E-commerce, as a manifestation of technological progress, serves as a gateway toward participation in leveraging the swiftly evolving landscape. The government also demonstrates a serious commitment in addressing this phenomenon, evident in the issuance of the Economic Policy Package XIV on E-commerce and Presidential Regulation No. 74 of 2017 concerning the Roadmap for the National Electronic Trading System (SNPBE), providing concrete evidence that the development of e-commerce is no longer a micro-level concern. Instead, it exerts a substantial impact on the national economy, contributing approximately 18% to the country's Gross Domestic Product (GDP). Mangan Sekyo, as a representative of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs), has embarked on business expansion within the realm of e-commerce. However, the undertaken expansion appears not to have yielded significant results, as evidenced by a recent decline in the sales of its slaughtered chicken. Furthermore, sales outcomes are still predominantly influenced by online transactions, exhibiting a ratio that may reach up to 10 times higher. This situation has piqued the interest of researchers, prompting an investigation into the influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Ratings on Consumer Purchase Intentions—factors intimately associated with a store's performance in the e-commerce sphere. The aim of this study is to describe the demographic factors of consumers, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Ratings, and the Purchase Intentions of Mangan Sekyo's slaughtered free-range chicken. Simultaneously, the research seeks to analyze the impact of E-Wom and Ratings on the Purchase Intentions of Mangan Sekyo's slaughtered free-range chicken in the context of e-commerce. This research was conducted on Mangan Sekyo consumers with several criteria: (1) aged above 17 years, (2) followers of the Mangan Sekyo store on Shopee, and (3) having previously purchased Mangan Sekyo's slaughtered free-range chicken products. In line with these criteria, the sample for this study consisted of 65 respondents, determined through purposive sampling techniques that aligned with the specified criteria. The questionnaire was distributed online through the Google Form platform to the contacts of each respondent obtained from the Mangan Sekyo database. Utilizing a quantitative approach, the data were analyzed using the Multiple Linear Regression method, which includes the analysis of the coefficient of determination (R²), as well as hypothesis testing using the F-test and T-test, assisted by SPSS software version 16. The research results indicate that Mangan Sekyo's Cut Ayam Potong consumers are predominantly female, aged 26-45 years, educated at the bachelor’s degree level (S1), with an income between IDR 3,000,000 and IDR 5,000,000. However, among this dominance, students are the profession that dominates based on the consumers' occupation category, accounting for a total proportion of 40%. The regression analysis yielded the equation Y = -1.739 + 0.409X1 + 0.257X2 + 0.314X3 + 0.401X4+ 0.236X5, indicating that each variable has a positive influence on Consumer Purchase Intentions. The coefficient of determination test results shows a figure of 0.874, meaning that the research model can explain 87.4% of the variance in Consumer Purchase Intentions. The Hypothesis test results using the F-test indicate that all variables simultaneously have a significant effect on Consumer Purchase Intentions with a p-value score of 0.000. Moreover, using the T-test, it is found that each variable (Intensity, Valence of Opinion, Content, Number of Ratings, Overall Product Rating) has a significant impact on Consumer Purchase Intentions. Based on the results, some suggested recommendations are focusing the target market on students, increasing the number of ratings through active communication with customers who have made purchases, and further research development on topics related to its influence on purchase decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040012
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:51
Last Modified: 01 Feb 2024 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215427
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shania Rahmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item