Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Learning Management System Pada Platform Pembelajaran dan Persiapan Karier Digital

Bintang, - and Aryo Pinandito, S.T., M.MT, Ph.D and Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., M.T., Ph.D (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Learning Management System Pada Platform Pembelajaran dan Persiapan Karier Digital. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi saat ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa seiring dengan berkembangnya zaman. Dibimbing.id memanfaatkan penggunaan learning management system (LMS) yang berguna untuk meningkatkan efisiensi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data monthly feedback Bulan Juni pada program bootcamp product management Batch 6 Dibimbing.id, nilai Customer Satisfaction (CSAT) yang diperoleh sebesar 79.38%, dan nilai Net Promoter Score (NPS) diperoleh sebesar 67.01%. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah faktor user satisfaction dipengaruhi oleh variabel kualitas kegunaan dan kualitas informasi. Pada penelitian ini juga ingin mengetahui penyebab berpengaruhnya kedua variabel tersebut. Sebelum menyebarkan kuesioner, dilakukan uji instrumen penelitian. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan pengujian Pearson Product Moment dan menghitung nilai Cronbach’s Alpha. Proses mengumpulkan data memakan waktu selama tujuh hari dimulai dari tanggal 4 Desember 2023 hingga 11 Desember 2023 dengan total sampel sebanyak 96 orang. Pengujian Generalized Linear Model (GLM) dilakukan ketika data tidak terdistribusi dengan normal. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian, faktor kualitas kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan rincian p-value dari kualitas kegunaan sebesar 1.22×10-05, sedangkan p-value dari kualitas informasi sebesar 4.25×10-08. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pengguna adalah meningkatkan kualitas kegunaan dengan cara menyesuaikan desain tampilan LMS Dibimbing.id agar lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pengguna. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas informasi dengan cara mengintegrasikan platform eksternal yang memiliki fungsi sebagai pengingat dan informasi secara otomatis kepada pengguna LMS Dibimbing.id.

English Abstract

The current Information Technology is experiencing tremendous growth in tandem with the evolving era. Dibimbing.id utilizes the Learning Management System (LMS) to enhance efficiency during the learning process. Based on the June monthly feedback data for the product management bootcamp Batch 6 program at Dibimbing.id, the Customer Satisfaction (CSAT) score obtained was 79.38%, and the Net Promoter Score (NPS) was 67.01%. The aim of this research is to determine whether user satisfaction is influenced by usability quality and information quality variables. The researcher also seeks to understand the contributing factors of these variables. Before distributing the questionnaire, the researcher conducted an instrument validation test. Validity and reliability testing utilized Pearson Product Moment and calculated Cronbach's Alpha. The data collection process took seven days, starting from December 4, 2023, to December 11, 2023, with a total sample size of 96 individuals. Generalized Linear Model (GLM) testing was conducted when the data was not normally distributed. Based on the analysis results of the study, usability quality and information quality factors significantly influence user satisfaction, with a detailed p-value of 1.22×10-05 for usability quality and 4.25×10-08 for information quality. To enhance user satisfaction, attention should be given to improving usability quality by adjusting the design interface of LMS Dibimbing.id to be more concise and user-friendly. Additionally, enhancing information quality can be achieved by integrating external platforms that serve as reminders and provide automatic information to users of LMS Dibimbing.id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150048
Uncontrolled Keywords: kualitas kegunaan, kualitas informasi, kepuasan pengguna, Webqual 4.0, Generalized Linear Model-usability quality, information quality, user satisfaction, Webqual 4.0, Generalized Linear Model.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:22
Last Modified: 19 Feb 2024 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215410
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bintang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item