Model Loyalitas Wisatawan terhadap Ekowisata Berkelanjutan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur

Rahmadianti, Nadya (2024) Model Loyalitas Wisatawan terhadap Ekowisata Berkelanjutan pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekowisata berkelanjutan yang merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan adalah ekowisata yang memperhitungkan sepenuhnya kondisi perekonomian saat ini dan masa depan, dampak sosial dan lingkungan, mengatasi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan, dan penduduk sekitar. Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dipilih menjadi salah satu destinasi prioritas bagi Indonesia. Di Indonesia sendiri untuk promosi destinasi wisata seperti Taman Nasional masih dipegang kuat oleh pemerintah, namun promosi yang dilakukan masih belum mendapatkan pengaruh yang besar sehingga berpengaruh terhadap fluktuasi jumlah pengunjung di TNBTS. Di era digital ini, hampir setiap orang menggunakan internet untuk mengakses segala hal termasuk untuk pariwisata dimana masyarakat akan terpengaruh oleh hasil ulasan yang diberikan oleh wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke suatu destinasi wisata secara Electronic Word Of Mouth (eWOM). Pemberian ulasan melalui eWOM memiliki dampak yang lebih luas karena dapat dilihat dengan mudah oleh siapa saja. Loyalitas wisatawan adalah salah satu aspek paling penting bagi pelaku usaha karena mampu mengurangi biaya pemasaran dibandingkan dengan menarik wisatawan baru. Dalam literatur, citra destinasi, kepuasan, dan perceived risk juga dianggap sebagai pengaruh utama wisatawan untuk mengunjungi kembali suatu destinasi dan merekomendasikan destinasi wisata kepada orang lain (Seetanah et al., 2020). Peran mediasi kepuasan, khususnya dalam industri pariwisata memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi loyalitas wisatawan. Mengkaji persepsi wisatawan terhadap citra destinasi dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan strategi pemasaran serta mampu meningkatkan citra destinasi. Dalam penelitian ini, citra destinasi diintegrasikan dengan ekowisata berkelanjutan menggunakan tiga dimensi (Lee & Xue, 2020): citra budaya, citra lingkungan, dan citra sosial ekonomi. Insiden kebakaran di savana Gunung Bromo telah menimbulkan dampak buruk terhadap citra TNBTS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pengaruh langsung eWOM terhadap kepuasan, citra destinasi, dan loyalitas; serta pengaruh tidak langsung eWOM terhadap loyalitas (2) menganalisis pengaruh langsung perceived risk terhadap kepuasan, citra destinasi, dan loyalitas; serta pengaruh tidak langsung perceived risk terhadap loyalitas (3) menganalisis pengaruh langsung kepuasan dan citra destinasi terhadap loyalitas, (4) Merumuskan model loyalitas wisatawan untuk strategi pengembangan ekowisata berkelanjutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Adapun penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei secara online dengan bantuan google form. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober 2023. Metode penentuan responden yaitu metode non probability sampling dengan teknik judgemental sampling. Jumlah responden yaitu 100 orang. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) EWOM memberikan pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan, citra destinasi, dan loyalitas; serta pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui mediasi variabel kepuasan. (2) Perceived risk memberikan pengaruh langsung negatif dan signifikan terhadap kepuasan dan citra destinasi. Sedangkan untuk pengaruh langsung perceived risk terhadap loyalitas adalah negatif namun tidak signifikan. Selanjutnya untuk pengaruh tidak langsung perceived risk terhadap loyalitas melalui mediasi citra destinasi adalah negatif dan signifikan. (3) Variabel kepuasan dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. (4) Citra destinasi sebagai strategi pemasaran destinasi wisata untuk meningkatkan loyalitas wisatawan. Citra lingkungan yang paling kuat ditampilkan oleh TNBTS harus terus dikembangkan agar menciptakan citra yang baik di benak wisatawan. Pengembangan sektor ekowisata berkelanjutan dengan menunjukkan kekuatan lingkungan dapat dilakukan melalui klasterisasi penciptaan daya tarik wisata baru/ aktivitas wisata lain yang sesuai dengan konsep konservasi. Pemerintah dan pengelola destinasi wisata harus berupaya untuk mengembangkan penawaran wisata yang berkualitas dan terdiferensiasi/ unik seperti meningkatkan kegiatan budaya dan memfasilitasi interaksi wisatawan dengan budaya lokal untuk membangun kepuasan dan loyalitas wisatawan. Pengelola destinasi wisata juga dapat membuat komunitas pariwisata online sebagai wadah bagi masyarakat untuk berbagi pengalaman perjalanan wisata mereka. Peraturan resmi mengenai stabilitas harga di TNBTS serta himbauan prediksi bencana alam harus ditetapkan. Pemerintah daerah juga harus membentuk tim cepat tanggap untuk membantu wisatawan yang berada dalam situasi sulit demi menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan dalam berwisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

English Abstract

Sustainable ecotourism, which is part of sustainable development, is ecotourism that takes all of current and future economic conditions, social and environmental impacts, and addresses the needs of visitors, industry, the environment and local residents. The Bromo Tengger Semeru National Park (TNBTS) area was chosen as one of the priority destinations for Indonesia. In Indonesia itself, the promotion of tourist destinations such as National Parks is still strongly held by the government, but the promotions have not yet had a big impact, thus influencing fluctuations in the number of visitors to TNBTS. In this digital era, almost everyone uses the internet to access everything, including tourism, where people will be influenced by the results of reviews given by tourists who have visited a tourist destination using Electronic Word Of Mouth (eWOM). Providing reviews via eWOM has a wider impact because it can be seen easily by anyone. Tourist loyalty is one of the most important aspects for business actors because it can reduce marketing costs compared to attracting new tourists. Based on the literature, destination image, satisfaction, and perceived risk are also considered as the main influences for tourists to revisit a destination and recommend a tourist destination to others (Seetanah et al., 2020). The mediating role of satisfaction, especially in the tourism industry, has a very important role in influencing tourist loyalty. Examining tourists' perceptions of a destination's image can help identify factors that contribute to the success of marketing strategies and improve the destination's image. In this research, destination image is integrated with sustainable ecotourism using three dimensions (Lee & Xue, 2020): cultural image, environmental image, and socio-economic image. The fire incident in the savanna of Mount Bromo has had a negative impact on the image of TNBTS. This research aims to (1) identify the influence of eWOM on satisfaction, destination image and loyalty, (2) analyze the influence of perceived risk on satisfaction, destination image and loyalty, (3) analyze the influence of satisfaction and destination image on loyalty, (4) analyze the influence of satisfaction variables mediating the relationship between eWOM and loyalty, and perceived risk and loyalty. This research uses explanatory research with a quantitative approach. Data collection was carried out using an online survey method with the help of Google forms. Data collection was carried out in October 2023. The method for determining respondents was the non-probability sampling method with judgmental sampling techniques. The number of respondents was 100 people. Meanwhile, the data analysis method used in this research is structural equation modeling (SEM) analysis using WarpPLS 7.0 software. The research results show that: (1) EWOM has a positive and significant direct influence on satisfaction, destination image and loyalty; as well as a positive and significant indirect effect on loyalty through the mediation of the satisfaction. (2) Perceived risk has a direct negative and significant influence on satisfaction and destination image. Meanwhile, the direct influence of perceived risk on loyalty is negative but not significant. Furthermore, the indirect effect of perceived risk on loyalty through the mediation of destination image is negative and significant. (3) The satisfaction and destination image have a positive and significant effect on loyalty. (4) Destination image as a marketing strategy for tourist destinations to increase tourist loyalty. The strongest environmental image displayed by the Bromo Tengger Semeru National Park must continue to be developed in order to create a good image in the minds of tourists. The development of a sustainable ecotourism sector by demonstrating the strength of the environment can be done through clustering the creation of new tourist attractions/other tourist activities that are in accordance with the conservation concept. The government and tourist destination managers must strive to develop quality and differentiated/unique tourism offers such as increasing cultural activities and facilitating tourist interaction with local culture to build tourist satisfaction and loyalty. Tourist destination managers can also create online tourism communities as a forum for people to share their travel experiences. Official regulations regarding price stability in TNBTS as well as advice on predicting natural disasters must be established. The local government must also form a quick response team to help tourists who are in difficult situations to ensure the safety and comfort of tourists while traveling in the Bromo Tengger Semeru National Park.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0524040009
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:29
Last Modified: 01 Feb 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215404
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadya Rahmadianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item