Pengaruh Sistem Kandang Cage Dan Litter Terhadap Kualitas Internal Telur Layer.

Sahram, Arif Rahman and Dr. Ir. Ita wahju Nursita, M.Sc. and Dr. Faizal Andri, S.Pt., M.Pt. (2024) Pengaruh Sistem Kandang Cage Dan Litter Terhadap Kualitas Internal Telur Layer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kandang merupakan tempat ayam melakukan aktivitas produksi, sehingga kenyamanan dan bentuk kandang perlu diperhatikan agar ayam merasa nyaman dan tidak mengganggu proses produksi serta kualitas telur. Pemilihan untuk kandang layer harus memperhatikan kesejahteraan ayam, produktivitas telur, dan kebutuhan peternakan untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Kesejahteraan sangat mempengaruhi produktivitas (produktivitas unggas merupakan wujud dari pertumbuhan, perkembangan, produksi telur dan reproduksi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem kandang cage dan litter terhadap kualitas internal telur layer. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli sampai dengan 20 Agustus 2023 yang berlokasi di Peternakan Layer Naufah Barokah Farm Indonesia yang berada di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kemudian dilakukan analisis kualiatas internal telur di Laboratorium Unggas Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Ayam yang digunakan layer strain Hy-Line Brown berjumlah 240 ekor ayam yang berumur 16-24 minggu. Ayam dimasukkan dalam kandang cage berjumlah 120 ekor dan kandang litter berjumlah 120 ekor. Pengambilan sampel untuk uji kualitas internal telur ayam patelur pada minggu ke 6 penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode percobaan dengan menggunakan 2 perlakuan dan 5 ulangan. Pada masing-masing ulangan terdapat 24 ekor layer. Analisis data yang telah diperoleh berdasarkan varibel pengamatan yaitu berat yolk, berat albumen, indeks yolk, indeks albumen dan haugh unit. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T tidak berpasangan (Unpaired Sampel T Test). Hasil penelitian menunjukkan rataan berat yolk pada perlakukan P0 sebesar 12,20±0,72 dan P1 sebesar 12,44±0,55. Berat albumen diperoleh rataan pada perlakukan P0 sebesar 34,76±1,18 dan P1 sebesar 31,70±2,10. Indeks yolk diperoleh rataan pada perlakukan P0 sebesar 0,507±0,02 dan P1 sebesar 0,502±0,01. Indeks albumen diperoleh rataan pada perlakukan P0 sebesar 0,131±0,01 dan P1 sebesar 0,126±0,01. Nilai haugh unit diperolah pada perlakukan P0 sebesar 94,66±2,61 dan P1 sebesar 94,49±3,17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kandang litter tidak berpengaruh nyata (P > 0,05) terhadap berat yolk, indeks yolk, indeks albumen dan haugh unit. Akan tetapi, sistem kandang litter secara nyata menurunkan (P < 0,05) berat albumen jika dibandingkan dengan sistem kandang cage. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem kandang litter tidak memberikan efek negatif pada kualitas internal telur seperti berat yolk, indeks yolk, indeks albumen dan haugh unit. Akan tetapi, sistem kandang litter menyebabkan penurunan berat albumen layer. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penambahan kandungan protein dalam pakan untuk memenuhi kebutuhan sintesis albumen pada layer yang dipelihara pada sistem kandang litter.

English Abstract

This study aimed to determine the effect of cage and litter system on internal quality of layer eggs. The materials used in this study were 240 Hy-Line strain layers (16 weeks old) distributed in two treatments and five replicates (each replicate used 24 layers). The observed variables were yolk and albumen weight, yolk and albumen index and haugh unit. Evaluation of internal egg quality was conducted in the sixth week of the treatment. Data were analyzed using Unpaired Sample T Test. The results showed that housing system had no significant effect (P > 0.05) on yolk weight, yolk index, albumen index and haugh unit. However, litter system significantly decreased (P < 0.05) albumen weight as compared to the cage system. The conclusion of this study is that the litter system has no negative effect on yolk weight, yolk index, albumen index and haugh unit, but reduce albumen weight of layer eggs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: cage, internal egg quality layer, litter.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:20
Last Modified: 01 Feb 2024 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215401
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arif Rahman Sahram.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2026.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item