Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerjaterhadap Loyalitas Karyawan Hotel Kencana Dewi Ponorogo

Wijayanto, Yusril Ihza and Tiara Estu Amanda, SS.M.Par (2024) Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerjaterhadap Loyalitas Karyawan Hotel Kencana Dewi Ponorogo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setelah berakhirnya pandemi covid 19 banyak karyawan hotel kencana dewi yang dirumahkan. Hal ini mengakibatkan beban kerja meningkat seperti penambahan jam kerja karyawan. Menurunya jumlah pengunjung hotel juga berdampak pada pendapatan hotel yang mengakibatkan operasional hotel terganggu, seperti perawatan barang hotel bahkan mundurnya pembayaran gaji karyawan. Hal ini mempengaruhi loyalitas karyawan hotel kencana dewi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan hotel Kencana Dewi Ponorogo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. jenis data menggunakan primer jawaban kuesioner dari karyawan hotel Kencana Dewi Ponorogo. Uji Validitas dilakukan dengan teknik pearson product moment dan untuk uji reliabilitas menggunkan cronbach alpha. Analisis data menggunakan regresi linear berganda yang diawali dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan variabel beban kerja berpengaruh terhadap loyalitas memiliki nilai signifikansi pengaruh dan nilai positif terhadap loyalitas karyawan hotel. Sedangkan variabel lingkungan kerja tidak memiliki pengaruh dan nilai negatif terhadap loyalitas karyawan hotel. Pada hasil dari beban kerja dan lingkungankerja terhadap loyalitas karyawan berpengaruh dan memiliki nilai positif terhadap loyalitas karyawan hotel kencana dewi Ponorogo

English Abstract

After the end of the covid 19 pandemic, many employees of the Kencana Dewi Hotel were laid off. This result increased workload such as additional employee working hours. The decline in the number of hotel visitor also has animpact on hotel revenues, resulting in disrupted hotel opertations, such as maintenane of hotel goods and even delayed payment of employee salaries. This affect the loyalty of hotel Kencana Dewi empioyees. This research aims to analyze the influence of workload and work environment on employee loyalty at the Kencana Dewi Ponorogo hotel. This type of research uses quantitative research. This type of data uses primary questionnaire answers from Kencana Dewi Ponorogo hotel employees. Validity testing was carried out using the Pearson product moment technique and for reliability testing using Cronbach alpha. Data analysis uses multiple linear regression which is accompanied by classical assumption tests in the form of normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests. The results of the research show that the workload variable has an influence on loyalty and has a significant influence and positivevalue on hotel employee loyalty. Meanwhile, work environment variables do not have a negative influence and value on hotel employee loyalty. On the results of workload and work environment on employee loyalty, the positive influence and value on employee loyalty at the Kencana Dewi Ponorogo Hotel

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Loyalitas, Karyawan Hotel- Workload, Work Environment, Work Loyalty
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:44
Last Modified: 01 Feb 2024 04:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215381
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusril Ihza Wijayanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item