Perancangan Desain User Interface Aplikasi Mobile ADMOJO sebagai Sistem Administrasi Peternakan Ayam Broiler Mojo Farm Menggunakan Metode Design Thinking

Putra, Muhammad Ryan Fabeanza and Wuri Cahya Handaru, S.ST., M.Ds. (2023) Perancangan Desain User Interface Aplikasi Mobile ADMOJO sebagai Sistem Administrasi Peternakan Ayam Broiler Mojo Farm Menggunakan Metode Design Thinking. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peternakan memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu komoditi peternakan dengan tingkat konsumsi yang tinggi di indonesia adalah ayam broiler. Peternakan ayam broiler Mojo Farm adalah salah satu peternakan ayam broiler di Bojonegoro, Jawa Timur. Pengolahan data pada peternakan ayam broiler Mojo Farm masih menggunakan sistem administrasi secara konvensional. Menurut pemilik dan petugas peternakan ayam broiler Mojo Farm, sistem administrasi secara konvensional kurang efektif dalam hal keakuratan hingga efisiensi kerja yang dilakukan oleh petugas peternakan. Selain itu, sistem administrasi secara konvensional membuat sering dilakukannya manipulasi data oleh oknum petugas peternakan. Penanganan masalah tersebut dapat dilakukan dengan merancang aplikasi mobile sebagai sistem administrasi peternakan ayam broiler Mojo Farm. Aplikasi mobile dapat mempermudah pemilik untuk melakukan pengawasan terhadap data administrasi peternakan serta dapat mempermudah petugas dalam memasukkan data administrasi peternakan. User Interface (UI) berperan penting dalam pembuatan aplikasi. User Interface berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, mikro interaksi, dan banyak lagi. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan merancang desain user interface aplikasi mobile sebagai sistem administasi peternakan ayam broiler Mojo Farm guna menangani permasalahan administrasi yang ada pada peternakan ayam broiler Mojo Farm. Metode perancangan yang digunakan dalam membuat desain user interface aplikasi mobile sebagai Sistem Administasi peternakan ayam broiler Mojo Farm adalah Design Thinking. Design thinking menggunakan konsep berpikir kreatif dan praktis dalam menemukan solusi atas permasalahan yang ada. Terdapat lima tahapan yang terdapat pada design thinking, yaitu empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dengan cara wawancara dan studi literatur, membuat desain user interface aplikasi administrasi yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu pemilik dan petugas peternakan ayam broiler Mojo Farm.

English Abstract

Broiler chicken is one of the most popular chicken farming commodities in Indonesia. Mojo Farm broiler farm is one of the broiler farms in Bojonegoro, East Java. Data processing at Mojo Farm broiler farm still uses a conventional administrative system. According to the owner and officers of Mojo Farm broiler farm, the conventional administration system is less effective in terms of accuracy to the efficiency of work done by farm employees. In addition, the conventional administration system makes frequent data manipulation by unscrupulous farm officers. Handling these problems can be done by designing a mobile application as an administration system for the Mojo Farm broiler farm. Mobile applications can make it easier for owners to supervise farm administration data and can facilitate officers in entering farm administration data. User Interface (UI) is an important part of making applications. User Interface focuses on the visual experience of users and the design of on-screen graphical elements such as buttons, menus, micro-interactions, and more. Therefore, research was conducted by designing a mobile application user interface design as a medium for the administration of Mojo Farm broiler farms to handle administrative problems that exist at Mojo Farm broiler farms. The design method used in creating a mobile application user interface design is Design Thinking. Design thinking uses the concept of creative and practical thinking in finding solutions to existing problems. There are five stages contained in design thinking, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. Using qualitative data collection methods through interviews and literature studies, the user interface design of the administration application made can be in accordance with the needs of users, namely the owners and officers of the Mojo Farm broiler farm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: User Interface, Aplikasi Mobile, Sistem Administrasi, Peternakan Ayam Broiler
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:31
Last Modified: 01 Feb 2024 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215377
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD RYAN FABEANZA PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item