Probabilitas Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi dengan Angkutan Kota Bagi Pelajar di Kota Batu

Rahmalia, Cindy Dwi and Dr. Septiana Hariyani, ST., MT. and Nailah Firdausiyah, ST., MT., M.Sc., Ph.D (2023) Probabilitas Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi dengan Angkutan Kota Bagi Pelajar di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu memiliki program berupa angkutan kota gratis bagi pelajar di Kota Batu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan transpotasinya. Namun walaupun telah ada program dan rencana terkait pengembangan angkutan umum di Kota Batu, hal tersebut tidak menjamin banyaknya pelajar yang akan beralih dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan Angkutan Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mencari probabilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi menuju angkutan kota bagi pelajar di Kota Batu. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Analisis Statistik Deskriptif berupa Analisis Distribusi Frekuensi dan Analisis Regresi Multinomial Logistik dengan bantuan software SPSS. Analisis distribusi frekuensi digunakan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda sementara Analisis Regresi Multinomial Logistik dilakukan untuk memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda. Dalam pemodelan pemilihan moda Angkutan Kota dijadikan sebagai reference categorynya. Sehingga dari total 4 moda yang diteliti akan dihasilkan 3 model, yaitu Ymotor, Ymotor sharing, dan Ymobil sharing. Selanjutnya melalui model yang sudah didapatkan, bisa diketahui probabilitas pemilihan modanya dengan skenario pemodelan. Penelitian ini hanya menggunakan 1 skenario yaitu menggunakan kondisi eksisting jumlah responden. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelajar dalam memilih moda transportasi dan probabilitas perpindahan modanya maka dapat menjadi kajian penunjang bagi Pemerintah Kota Batu dalam realisasi program angkutan kota gratis ini. Pemodelan Pemilihan moda yang dihasilkan untuk masing-masing moda yaitu Ymotor = -0,522 + 3,154 (X14_1) – 2, 964 (X15_4) + 3,130 (X20_3) + 4,641 (X20_4), Ymotor Sharing = –33,700 – 1,203 (X4_1) + 1,480 (X5_1) + 1,772 (X5_2) + 1,085 (X5_3) – 2,578 (X6_1) + 1,788 (X9_2) – 1,967 (X18_2) + 1,618 (X20_3) + 1,914 (X20_4) dan Ymobil Sharing = – 21,526 – 1,174 (X4_1) + 1,470 (X5_3) – 2,921 (X7_1) + 2,194 (X11_1) +1,886 (X20_4). Beberapa faktor dominan yang memepengaruhi pemilihan moda bagi pelajar di Kota Batu adalah jenis kelamin, umur, kepemilikan kendaraan, dan asusmsi terhadap kebijakan biaya pembuatan SIM. Hasil perhitungan probabilitas pemilihan moda menunjukkan bahwa probabilitas pelajar di kota batu untuk beralih menggunakan angkutan kota adalah sebesar 0,23%. Pelajar di Kota Batu lebih cenderung untuk memilih menggunakan kendaran pribadi dengan persentase probabilitas 16,76% memilih menggunakan motor pribadi, 62,27% memilih menggunakan motor sharing, dan 20,74% memilih menggunakan mobil sharing.

English Abstract

Batu City has a program in the form of free city transportation for students in Batu City as an effort to overcome its transportation problems. However, even though there are programs and plans related to the development of public transportation in Batu City, this does not guarantee that many students will switch from using private vehicles to using City Transportation. This research aims to find the probability of modal shift from private vehicles to city transportation for students in Batu City. The research method used in this research consists of Descriptive Statistical Analysis in the form of Frequency Distribution Analysis and Multinomial Logistic Regression Analysis with the help of SPSS software. Frequency distribution analysis is used to analyze the factors that influence mode choice while Multinomial Logistic Regression Analysis is carried out to model the factors that influence mode choice. In modeling, City Transport mode selection is used as the reference category. So from a total of 4 modes studied, 3 models will be produced, namely Ymotor, Ymotor sharing, and Ymobil sharing. Furthermore, through the model that has been obtained, the probability of selecting the mode can be determined using the modeling scenario. This research only uses 1 scenario, namely using the existing condition of the number of respondents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070418
Uncontrolled Keywords: Pelajar, Angkutan-Kota, Pemilihan-Moda, Regresi Multinomial Logistik, Kota- Batu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:33
Last Modified: 16 Feb 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215367
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CINDY DWI RAHMALIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item